Home BERITA TERBARU Bau Busuk Limbah AACatering “Menyengat Hidung, Resahkan Warga Sekitar”

Bau Busuk Limbah AACatering “Menyengat Hidung, Resahkan Warga Sekitar”

271
0
SHARE

Limbah Meluber Hingga Kebahu Jalan Raya, Pemilik Katering Cuek Saja

Padang Pariaman, targetsumbar.net – Bau busuk menyengat dan tidak sedap yang dihasilkan oleh limbah AACatering sangat meresehkan warga sekitar, tepatnya di jalan Teluk Bangau, Ketaping, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Limbah berbau tidak mengenakan ini sangat mengganggu warga sekitar, permasalahan itu sudah berlangsung cukup lama.

Melubernya air akibat limbah AACatering yang bercampur dengan lemak ke Bandar kali jalan Teluk Bangau, membuat banyak pejalan kaki saat melewatinya menjadi resah dan mual, termasuk awak media ini ketika melakukan pengambilan gambar.

limbah-bususk-aacatering-1Bandar kali tercemar limbah di jalan Teluk Bangau yang berbau tidak sedap tersebut, tepatnya di dekat Bandara Internasional Minangkabau (BIM) terus dikeluhkan warga. Pasalnya, warga telah berulangkali menyampaikan perihal limbah tersebut kepada pengelola catering, namun tidak pernah ditanggapinya.

Selain mengganggu warga, aroma tidak sedap yang ditimbulkan dari air got yang tercemar, juga dikeluhkan oleh pegawai kantor kesehatan jemaah dan kantor karantina BIM yang berada tidak jauh dari gedung AACatering tersebut.

Pemilik warung One, Imay, menuturkan, pencemaran air di saluran got yang sangat menyengat hidung tersebut berasal dari pembuangan limbah makanan AACatering, juga mengaliri got didepan warungnya. Akibat ulah limbah AACatering itu, mengakibatkan ribuan nyamuk bersarang di got tersebut. Selain itu, ia telah berkali-kali memberitahukannya kepada pemilik AACatering namun tetap saja tidak ditanggapinya. Ungkap Imay berkeluh kesah kepada media ini.

“Kondisi air got ini sebelumnya cukup bersih dan tidak berbau, tapi semenjak limbah AACatering dibuang sembarangan membuat air got berubah menjadi hitam dan berbau,” ujar Imay lagi, Minggu (11/09/16).

Lebih lanjut disampaikan Si Is, dirinya mengaku pernah mendatangi dan meminta penjelasan dari pengelola katering. Kemudian bersama-sama melihat kondisi air.

“Namun, setelah saya minta untuk ditunjukan instalasi pengolahan limbahnya, tidak ditunjukan. Katanya ada di dalam,” jelas Si Is yang disapa Is Ompong, warga setempat.

Sementara itu, Masri Tanjung, tokoh masyarakat setempat mengatakan , dirinya memang telah sering menerima laporan warga terkait dengan pencemaran air di saluran drainase/got warga, pihaknya lantas melakukan pengecekan. Dari pengecekan awal, air di saluran got jalan Teluk Bangau itu tercemar akibat pembuangan limbah dari AACatering.

Masri Tanjung melanjutkan, pihaknya meminta pada pengelola katering untuk segera membuat instalasi pengelolaan limbah.

“Sementara ini, pencemarannya baru menimbulkan aroma tidak sedap dan belum masuk ke sumur-sumur warga. Tapi tidak menutup kemungkinan jika masalah limbah ini tidak segera diatasi, ketika intensitas curah hujan sudah tinggi akan mencemari sumur-sumur warga dan juga bisa meluber kejalan raya, yang tentunya akan berakibat jalan raya menjadi licin dan bakal berisiko kepada pengandara yang melewatinya. Pungkas Masri….. bersambung (Akmal/TIM)