Home BERITA TERBARU Dibantu Donatur Arab, Masjid Al-Firdaus Kampung Jambak Diresmikan

Dibantu Donatur Arab, Masjid Al-Firdaus Kampung Jambak Diresmikan

248
0
SHARE

PADANG, TS – Sebuah masjid yang di nanti-nantikan masyarakat Kampung Jambak Kelurahan Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji, akhirnya selesai dibangun dan telah bisa difungsikan pemakaiannya. Masjid yang dibangun berkat bantuan donatur dari World Asembly of Muslim Youth (WAMY) atau Yayasan Pemuda Muslim Dunia dari Arab Saudi itu diresmikan Senin, (5/12) oleh Wakil Walikota Padang, H. Emzalmi yang dihadiri langsung tujuh orang syeikh dari WAMY tersebut.

“Atas nama Pemerintah Kota Padang, kita sangat berterima kasih khususnya kepada pihak WAMY serta seluruh elemen masyarakat yang telah membantu pembangunan masjid tersebut. Mari kita manfaatkan masjid ini dengan sebaik-baiknya sesuai fungsi dan kegunaannya,” imbuh Emzalmi.

Setelah itu Pimpinan rombongan ulama WAMY, Syeikh Muhammad Ahmad Da’yooh melalui penterjemahnya Aang Suwandi mengatakan, atas nama pihak WAMY mengucapkan selamat khususnya bagi warga Kampung Jambak atas keberadaan rumah ibadah tersebut.

“Semoga keberadaanya dapat membawa masyarakat muslim di sini menuju jalan ke surga sesuai nama masjid ini Al-Firdaus,” harapnya.

Di samping itu katanya lagi, Masjid Al-Firdaus tersebut merupakan salah satu masjid dari sejumlah masjid lainnya di Indonesia yang dibantu pembangunannya oleh WAMY.

“Kita menginginkan agama Islam menjadi rahmat bagi semesta alam. Maka itu, kita akan terus berupaya membantu tegaknya syiar Islam bagi masyarakat muslim di mana saja berada di atas bumi Allah ini,” ujarnya.

Sementara itu, Jamril Rajo Perak selaku ninik mamak kepala waris suku Jambak Lubuk Lintah menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terkhusus kepada ulama WAMY selaku donatur utama pendirian Masjid Al-Firdaus.

“Atas nama warga kami mengucapkan terimakasih, alhamdulillah Masjid Al-Firdaus telah diresmikan hari ini. Insya Allah, masyarakat di sini akan menjaga dan menghidupkan fungsi masjid ini dengan baik. Dan secara bertahap ke depan, di atas tanah tersisa kita akan berencana membangun gedung Taman Pendidikan Quran (TPQ) sebagai sarana belajar pendidikan quran bagi anak-anak dan generasi muda,” ucapnya.

Kemudian Ketua Pengurus Masjid Al-Firdaus, Fahmi menyebutkan pembangunan masjid tersebut dimulai sejak November 2015 silam dengan pemacangan pondasi dan peletakan batu pertama dilakukan oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno.Dimana masjid yang memiliki panjang dan lebar 10×10 m3 ini berdiri di atas tanah wakaf kaum suku Jambak seluas 300 m3.

Peresmian Masjid Al-Firdaus Kampung Jambak ini ditandai dengan pembukaan tirai nama masjid yang dilanjutkan pengguntingan pita oleh ulama WAMY bersama Wawako Emzalmi. Dalam kesempatan itu dihadiri Camat Kuranji, Rachmadeny beserta jajaran, seluruh ninik mamak, urang sumando, pemangku adat, alim-ulama dan tokoh masyarakat Kampung Jambak khususnya dan Kecamatan Kuranji pada umumnya. Semua hadirin yang memadati peresmian tersebut setelah itu melaksanakan shalat Zuhur berjamaah dan kemudian dilanjutkan makan siang bersama yang dihidangkan para kaum ibu di Kampung Jambak tersebut. (David/Bustam/Faisal)