Home BERITA TERBARU Pengelolaan DAS Butuh Dukungan Semua Pihak

Pengelolaan DAS Butuh Dukungan Semua Pihak

206
0
SHARE

PADANG, TS – Permasalahan dalam pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kota Padang sudah cukup kompleks. Karena itu penyelesaian masalah pengelolaan DAS mesti melibatkan banyak sektor.

“Untuk memperoleh keterpaduan pengelolaan DAS yang optimal dibutuhkan persepsi dan komitmen bersama, baik dari kalangan pemerintah, dunia usaha dan masyarakat,” terang Asisten III Setdako Padang Corri Saidan saat mewakili Walikota Padang dalam kegiatan FGD Internalisasi Rencana Pengelolaan DAS Terpadu Arau di Balaikota Padang, kemarin ini.

Lebih jauh diterangkannya, bencana alam seperti banjir yang terjadi beberapa waktu lalu di Kota Padang telah menimbulkan kerugian. Di beberapa tempat terjadi pula pendangkalan dan pencemaran sungai yang sangat parah. Sehingga berdampak negatif terhadap lingkungan alam dan tata kehidupan masyarakat.

“Apabila kerusakan sumberdaya alam DAS tersebut dibiarkan terus serta tidak ada upaya penanganan yang komprehensif integral dan sungguh-sungguh dari semua pihak terkait, maka bencana alam yang lebih besar dan berdampak luas terhadap tata kehidupan dan perekonomian masyarakat akan semakin sulit untuk ditangani,” terang Corri.

Corri menilai, pengelolaan DAS harus dilakukan secara terpadu. Menurutnya, sudah banyak konsep-konsep pembangunan yang berbasis pada pelestarian ekosistem DAS. Namun dalam implementasi di lapangan masih banyak kendala dan hambatan.

“Cukup banyak kendala, seperti kekurangpahaman atau kekurangpedulian para pemangku kepentingan maupun pengusaha dan masyarakat. Kemudian lemahnya koordinasi dan sinergitas antar para pihak (stakeholders) dalam pengelolaan DAS. Lalu penonjolan kepentingan jangka pendek sektoral atau kedaerahan untuk memperoleh manfaat ekonomi semata tanpa mengindahkan dampak negatif terhadap kelestarian ekosistem DAS. Serta kurangnya penegakan hukum secara tegas terhadap pelanggaran dan penyimpangan yang menyebabkan kerusakan lingkungan,” paparnya.(Charlie)