Home BERITA TERBARU Ondeh Mandeh! Saat Jam Kerja Puskesmas Kosong, Pasien Nyaris Koit

Ondeh Mandeh! Saat Jam Kerja Puskesmas Kosong, Pasien Nyaris Koit

524
0
SHARE

Padang, targetsumbar.net – Ada-ada saja kelakuan seluruh petugas Puskesmas ini. Pasalnya, disaat jam pasien padat yang mestinya mereka gunakan melayani warga yang datang untuk mendapatkan pelayanan pengobatan. Justru semua petugas Puskesmas Anak Air pergi menghadiri pesta pernikahan disalah satu rumah yang berada tidak jauh dari Puskesmas tersebut. Kejadian ini berlangsung pada jam 10 hingga 12.20 siang. Dari hasil keterangan warga, pada jam-jam tersebut pasien yang datang berobat cukup banyak.

Pemandangan semacam ini terjadi pada hari Sabtu (24/12/16). Dimana secara kebetulan awak media ini dipanggil oleh salah seorang warga saat melintas. Serentak saja beberapa pasien menyampaikan keluhannya.

Satu persatu pasien menyampaikan kekecewaannya, sementara warga lainnya yang butuh pelayanan berobat terlihat masih saja ada yang datang. Lebih jelasnya, Puskesmas Anak Air ini berada di Kel. Batipuh Panjang, Kec. Koto Tangah, Kota Padang.

Beberapa orang Perawat dan Kepala Puskesmas terlihat baru pulang dari acara pesta perkawinan. Ondeeh, sepertinya suasana tak ada beban terlihat dimasing2 wajah mereka.

Agustalib, (70th) dengan wajah lesu menyampaikan keluhannya, ia sangat membutuhkan penanganan medis di Puskesmas ini karena sakit maag yang dideritanya sudah sangat mengganggu. Harapannya dari rumah pudar begitu melihat kondisi pelayanan kosong tanpa satupun petugas perawat berada di tempat. Jelasnya.

Dengan kekecawaan yang dirasakannya, Agustalib terpaksa pulang sembari menahan rasa sakit yang dideritanya. Dengan langkah gontai, dari kejauhan kakek tua ini terlihat nyaris koit.

“Lucu sekali kenapa tak ada satupun petugas kesehatan yang berjaga-jaga untuk membantu melayani pasien di puskesmas itu, padahal jam-jam seperti ini adalah rentang waktu yang didatangi banyak warga untuk berobat” sebut Katit, salah seorang warga sekitar.

“Belakangan ini pelayanan di Puskesmas Kel. Batipuh Panjang ini memang sangat buruk dan kebanyakan petugas (perawatnya) sering berlaku kasar kepada pasien” Jelas Indun yang pernah merasakan pelayanan buruk perawat di Puskesmas tersebut.

Sekitar jam 13.00, beberapa orang petugas kesehatan Puskesmas kembali se-usai dari pesta perkawinan dirumah warga itu. Saat awak media ini mencoba mendekati Kepala Puskesmas untuk dikonfirmasi, yang bersangkutan justru mengelak dengan alasan tidak ada waktu sembari menunjukan wajah sinis disertai sikap angkuhnya.

Dilain kesempatan, Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Kota Padang, Rabu siang (28/12) saat didatangi di kantornya untuk mengkonfirmasi menyoal tuduhan warga terkait buruknya pelayanan di Puskesmas Anak Air tersebut. Sayangnya, Kepala Dinas tidak berada ditempat.(TIM).