Home BERITA TERBARU Unik Dan Aneh, Pemakaman di Bawah Laut

Unik Dan Aneh, Pemakaman di Bawah Laut

276
0
SHARE

Florida, targetsumbar.com – Neptune Memorial Reef, suatu pemakaman yang tidak biasa di dunia. Untuk datang ke sana, kita harus menyelam. Pemakaman ini adanya di bawah laut.

Situs CNN Travel seperti ditengok detikTravel, Rabu (18/1/2017) memasukan Neptune Memorial Reef dalam daftar ‘The World’s Weirdest Places To Scuba Dive’ alias tempat diving paling aneh di dunia. Sebab cuma di tempat inilah, para penyelam akan melihat pemakaman.

Neptune Memorial Reef berada di kedalaman 9 meter, lokasinya 5,2 km dari kawasan pesisir Key Biscayne di Florida, AS. Neptune Memorial Reef sebenarnya merupakan terumbu karang buatan yang dinilai terbesar sedunia.

Pembuatnya adalah Gary Levine dan seorang seniman bernama Kim Brandell. Mereka awalnya ingin membangun Neptune Memorial Reef sebagai konservasi laut, tapi dengan bentuk yang unik. Selain menaruh terumbu karang buatan, mereka juga menaruh beberapa hasil karya seni di sana seperti patung-patung hingga miniatur kuil-kuil. Konsep yang diambil bertema Atlantis Reef Project, ala gambaran kota Atlantis yang konon hilang tenggelam di lautan.

Sejak tahun 2007, mereka berdua menyulap 6 hektar di bawah laut seolah menjadi galeri seni. Tak berhenti sampai di situ, ide lain datang dengan menjadikan Neptune Memorial Reef sebagai pemakaman.

Jadi begini, abu kremasi dari jenazah akan dicampur dengan semen untuk dirancang di bawah air dan dipasang ke dalam cetakan yang diinginkan. Kemudian, seorang penyelam akan meletakkannya di terumbu karang.

Selanjutnya, sebuah plakat yang terbentuk dari tembaga dan perunggu dipasang di dekat cetakan tersebut. Untuk keluarga atau orang-orang yang ditinggalkan akan diberi album foto berisikan makam bawah laut orang yang mereka cintai. Bentuk cetakannya pun beragam ada yang seperti penyu, bintang laut hingga patung-patung.

Keluarga yang ditinggalkan, dapat menyelam untuk mengenang kembali orang-orang yang telah meninggalkannya. Sekaligus, para penyelam lain pun juga bisa diving ke sana dan melihat berbagai karya seni di dalam airnya.

Neptune Memorial Reef pun disokong oleh beberapa organisasi pecinta alam dan pemerintah setempat seperti United States Environmental Protection Agency, National Oceanic and Atmospheric Administration, hingga Florida Fish and Wildlife Conservation Commission hingga United States Army Corps of Engineers.

Sekarang ini diperkirakan sudah ada 100 jenazah yang abu kremasinya berada di Neptune Memorial Reef. Tempat tersebut mampu menampung hingga 100 ribu abu kremasi. (dtktravel)