Home BERITA TERBARU Wawako Emzalmi Sambut Pelatihan Berbasis Kompetensi di BLK Padang

Wawako Emzalmi Sambut Pelatihan Berbasis Kompetensi di BLK Padang

189
0
SHARE

Padang, targetsumbar.com – Wakil Walikota Padang, H. Emzalmi menyambut Pelatihan Berbasis Kompetensi yang diadakan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang, Rabu (25/1). Menurutnya, kegiatan yang diikuti sebanyak 240 orang ini sangat penting dilakukan demi menciptakan para pencari kerja (pencaker) yang terampil, memiliki kompetensi serta berkarakter baik sebagai syarat utama dalam penerimaan pekerjaan. Dimana dalam pelatihan terbagi dalam 11 paket, diantaranya pelatihan untuk teknisi hp, mekanik junior mobil, sepeda motor, office, listrik tenaga, listrik penerangan, operator mesin jahit dasar, operator mesin bubut, perhotelan, kecantikan dan las 3G.

“Upaya ini sangat tepat khususnya bagi pencaker kita di Kota Padang. Apalagi mengingat tantangan dunia kerja yang semakin global saat ini,” sebut Wawako dalam sambutannya saat kegiatan pembukaan pelatihan di kantor yang berada di jalan Sungai Balang, Kelurahan Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan.

Diterangkannya, terkait angka pengangguran di Kota Padang saat ini masih terbilang masih cukup besar. Berdasarkan data yang didapatkan, dari jumlah angkatan kerja sebesar 350.000 orang, 10 persen atau sekitar 35.000 diantaranya saat ini masih menganggur atau belum mendapat pekerjaan tetap.

“Kita berharap melalui pelatihan ini, ke depan tidak saja memenuhi kebutuhan tenaga kerja lokal dan dalam negeri, namun juga diharapkan mereka bisa bekerja ke luar negeri. Oleh karena itu semuanya membutuhkan kualitas seperti keterampilan, lalu kemampuan berbahasa asing dan juga karakter yang baik,” tukasnya dalam kegiatan dihadiri Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, Khairul Anwar, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Kepala BLK Padang, Zamhir serta pihak terkait lainnya itu. (David/Taf)