Home BERITA TERBARU Gubernur Sumbar Terima Penghargaan WTN Wiratama, Dari Wakil Presiden RI

Gubernur Sumbar Terima Penghargaan WTN Wiratama, Dari Wakil Presiden RI

294
0
SHARE

Jakarta, targetsumbar – Irwan Prayitno Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) yang di serahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Jusuf Kalla (JK) di Istana Kepresidenan, Selasa kemaren, (31/1).

WTN katagori wiratama di terima Gubernur Sumbar sebagai bukti kerja keras dan nyata selama ini di bidang lalu lintas, yang di laksanakan dengan baik, seperti melengkapi rambu-rambu lalu lintas, sarana dan prasarana, serta masyarakat taat aturan berlalu lintas dalam mengendarai kendaraan roda empat dan kendaraan dua.

Pada kesempatan itu, Irwan Prayitno mengatakan bahwa di Sumbatera Barta terdapat empat belas (14) daerah Kota dan Kabupaten yang menerima penghargaan WTN, dimana penghargaan tersebut di serahkan oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia di Istana Kepresidenan.

Untuk di Provinsi Sumatera Barat ini, terdapat dua Kota yang menerima penghargaan WTN Wiratama yaitu Kota Padang dan Kota Bungkit Tinggi. Maka dari itu, diharapkan bagi daerah yang telah memperoleh penghargaan untuk dapat lebih meningkatkan prestasinya ke level yang baik lagi, seperti yang di peroleh Kota Padang dan Bukit Tinggi, Ujar Gubernur, Irwan Prayitno.

“Atas kemajuan di bidang lalu lintas, saya memberikan apresiasi yang luar biasa pada seluruh pihak yang terkait, Kepolisian, Walikota dan Bupati serta jajarannya yang telah bekerja keras dan serius selama ini, sehingga telah berhasil menekan angka kecelakaan di wilayahnya masing-masing“. Ujar Irwan lagi.

Sebelum mengakhiri ungkapannya, lebih lanjut Irwan Katakan, bagi daerah yang belum berhasil meraih WTN akan dibantu perbaikan jalan, sarana dan prasarana lalu lintas, memasang rambu-rambu lalu lintas di lokasi yang telah di tentukan, di samping itu, kita tentu berharap pada seluruh masyarakat untuk dapat menaati dan mematuhi tata tertib berlalu lintas.

Penghargaan WTN tahun 2016 ini diterima oleh 11 provinsi dan 49 Kab/Kota se-Indonesia. Penghargaan WTN untuk provinsi, termasuk Sumatera Barat yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Sedangkan untuk Kabupaten/Kota, penghargaan WTN diserahkan oleh Menteri Perhubungan.

Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) Terbaik Se – Indonesia

Sementara itu, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menjelaskan, transportasi angkutan darat merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan, karena setiap aktivitas saat ini memerlukan transportasi. Dan oleh sebab itu, setiap daerah harus memperbaiki dan meningkatkan sistem angkutan darat.

“Baik buruknya sistem transportasi dilihat dari kelancaran dan keamanaan dalam transportasi, baik itu kecepatan dan waktu tempuh, serta jumlah kecelakaan yang terjadi,” kata Jusuf Kalla.

Dijelaskannya, sistem transportasi darat juga dipengaruhi oleh peningkatan jumlah penduduk, peningkatan jumlah mobil sekitar 1 juta/tahun, sepeda motor sekitar 8 juta/tahun, serta pertumbuhan ekonomi yang membutuhkan penambahan ruas jalan, infrastruktur jalan yang baik dan didukung dengan sistem pengelolaan lalu lintas.

Rincinan penghargaan WTN yang diperoleh :

  1. Penghargaan WTN Wiratama untuk pemerintah Provinsi Sumatera Barat
  2. WTN kategori lalu lintas Kota Besar , Kota Padang.
  3. WTN kategori lalu lintas Kota Sedang, Kota Bukittinggi, Payakumbuh
  4. WTN kategori kota kecil, Padang Panjang, Pariaman, Solok, Painan, Lubuk Sikaping
  5. Penghargaan Plakat WTN, Lubuk Basung (Kab. Agam) dan Batusangkar (Kab. Tanah Datar)

(Red).