Home BERITA TERBARU Kota Padang Kembali Terima Penghargaan WTN Untuk Ke Tiga Kalinya

Kota Padang Kembali Terima Penghargaan WTN Untuk Ke Tiga Kalinya

211
0
SHARE

Jakarta, targetsumbar.com – Pemerintah Kota Padang terus meraih berbagai prestasi. Sejumlah deretan penghargaan bergengsi di beberapa bidang mampu diraih kota bengkuang ini. Kali ini kembali menerima Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) untuk ketiga yang kalinya secara berturut-turut

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, dimana penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) kategori Wiratama dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Istana Wakil Presiden RI Jalan Medan Merdeka Selatan Jakarta Pusat (31/1). Kota Padang didaulat kembali dinilai sebagai salah satu kota yang berhasil mengelola lalu lintas dan transportasi public dengan baik.

Adapun penghargaan WTN tahun 2016 ini diterima oleh 11 provinsi dan 49 Kab/Kota se-Indonesia. Penghargaan WTN untuk provinsi, termasuk Sumatera Barat yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, sedangkan untuk Kab/Kota, diantaranya Kota Bukittinggi, penghargaan WTN diserahkan oleh Menteri Perhubungan.

Di detik-detik kesempatan itu, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menjelaskan, transportasi angkutan darat merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan, karena setiap aktivitas saat ini memerlukan transportasi. Dan oleh sebab itu, setiap daerah harus memperbaiki dan meningkatkan sistem angkutan darat.

“Baik buruknya sistem transportasi dilihat dari kelancaran dan keamanaan dalam transportasi, baik itu kecepatan dan waktu tempuh, serta jumlah kecelakaan yang terjadi,” kata Jusuf Kalla.

Dijelaskannya, sistem transportasi darat juga dipengaruhi oleh peningkatan jumlah penduduk, peningkatan jumlah mobil sekitar 1 juta/tahun, sepeda motor sekitar 8 juta/tahun, serta pertumbuhan ekonomi yang membutuhkan penambahan ruas jalan, infrastruktur jalan yang baik dan didukung dengan sistem pengelolaan lalu lintas.

Sementara itu, Walikota Padang Mahyeldi mengatakan, Penghargaan WTN Wiratama yang diraih Pemko Padang berkat dukungan semua pihak, termasuk kesadaran masyarakat dalam mematuhi aturan lalu lintas. Dan, Pemko Padang akan terus meningkatkan dan melengkapi sarana dan prasarana jalan raya.

“Kita sangat mengapresiasi kerjasama yang terjalin sangat baik selama ini dengan pihak Kepolisian. Dan itu akan terus kita tingkat, agar masyarakat kita benar-benar tertib dalam berlalu lintas,” ujar Mahyeldi.

Selanjutnya Walikota Padang Mahyeldi menandatangani berita acara serah terima operasional 10 unit Bus ukuran sedang BRT dari Kementrian Perhubungan yang dipergunakan Pemko Padang untuk operasionalisasi Trans Padang.

Pada acara serah terima tersebut, Walikota Padang Mahyeldi juga didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Hendrizal Azhar, Sekretaris Dinas Perhubungan Yudi Indra Syani, Kabid Keselamatan dan Operasional Eri Surya Jaya, Kabid Lalu Lintas Djunardi, Kabid Angkutan Yofi Satrios, Kasie Manajemen Lalu Lintas Dewi Martadewita, Kasubag Publikasi Humas Kota Padang Tafrizal.

“Atas nama Pemerintah Kota Padang, kita bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran aparatur sipil negara (ASN) di Dinas Perhubungan beserta SKPD terkait lainnya, jajaran kepolisian dan semua elemen masyarakat di Kota Padang. Alhamdulillah, kali ini kita kembali menerima Piala WTN untuk ketiga kalinya” tambah Mahyeldi.

Pada pencapaian ini tentunya berkat kesadaran tertib lalu lintas disertai kelengkapan sarana dan prasarana transportasi di kota ini yang terus meningkat dari tahun ke tahun,” ungkap Mahyeldi kepada wartawan usai menyambut rombongan yang membawa piala bergengsi itu di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Rabu (1/2).

Terkait sarana transportasi di Kota Padang ke depan diyakini akan lebih lengkap lagi. Hal itu mengingat, seiring dengan tuntasnya pengerjaan pembangunan Pasar Inpres III, lalu Inpres IV dan Inpres II di tahun ini. Maka dengan itu, pedagang-pedagang akan ditata dan tidak dibenarkan lagi berjulan di luar atau di jalan pasar raya, karena semuanya akan dimasukkan untuk berjualan ke dalam bangunan Inpres yang disediakan.

Tak hanya itu sebutnya lagi, upaya yang dilakukan yaitu pembenahan terminal di samping Balaikota lama. Terminal itu akan dirapikan dan lebih diperluas lagi, sehingga menambah lengkap dan kondusifnya transportasi untuk seputaran terminal itu nantinya.

“Insyaallah, dengan lalu lintas dan transportasi yang lebih tertata ke depan, masyarakat tentu akan merasa lebih nyaman. Untuk itu kepada seluruh masyarakat Kota Padang, mari kita senantiasa bersinergi, menjalin komunikasi yang baik dan mendukung setiap upaya-upaya pembangunan yang dilakukan. Demi Kota Padang yang lebih baik dan maju lagi tentunya,” pungkas Walikota didampingi Kepala Dinas Perhubungan, Hendrizal Azhar.

Sementara itu, Kapolres Kota Padang Kombes Chairul Aziz, S.I.K., M.Si berharap, dengan diraihnya penghargaan WTN oleh Kota Padang ini, bisa lebih meningkatkan motivasi masyarakat untuk tertib lalu lintas dan taat aturan lalu lintas.

Dikesempatan terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Hendrizal Azhar mengatakan, Kota Padang akan berusaha mempertahankan penghargaan WTN Wiratama ditahun mendatang, dan ketika Kota Padang meraih WTN Wiratama dua kali lagi, maka Kota Padang akan meraih WTN kategori Kencana, dan itu merupakan WTN kategori tertinggi.