Home BERITA TERBARU Elektabilitas Anies-Sandi Meroket, Menjelang Pilgub DKI

Elektabilitas Anies-Sandi Meroket, Menjelang Pilgub DKI

216
0
SHARE

Jakarta, targetsumbar.com – Elektabilitas pasangan calon (paslon) Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno terus meningkat jelang pemungutan suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017.

Berdasarkan hasil survei Median, peningkatan dukungan terhadap paslon nomor urut tiga itu berangsur-angsur menanjak sejak September 2016.

Pada September 2016, suara Anies-Sandi berada pada angka 25,4 persen. Namun, di November 2016 berada pada angka 26,4 persen dan puncaknya pada Januari 2017 sebesar 27,8 persen.

“Suara dukungan terhadap Anies-Sandi terus naik,” ujar Direktur Riset Median, Sudarto, di Cikini, Jakarta Pusat, Senin (6/2/2017).

Ia menjelaskan, meningkatnya elektabilitas yang diperoleh atas dukungan masyarakat terhadap Anies-Sandi karena paslon tersebut dipersepsikan mendukung dan terlibat dalam gelombang aktivisme keislaman terkait kasus penistaan agama.

Angkanya cukup tinggi yakni sebesar 35,5 persen ketimbang Agus-Sylvi yang hanya berada di pada angka 20,8 persen. Selain itu, melonjaknya elektabilitas Anies-Sandi juga disebabkan karena minimnya berita negatif tentang paslon tersebut.

“Karena paparan isu negatif terhadap beliau masih kecil dibanding terhadap pasangan Ahok-Djarot dan Agus-Sylvi,” tuturnya.

Survei Median dilaksanakan pada 29 Januari-2 Februari 2017 dengan menggunakan metode multi-stage random sampling dan proporsional atas populasi kotamadya dan gender.

Jumlah responden sebanyak 800 orang dengan margin of error sebesar kurang lebih 3,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.**