Home BERITA TERBARU Pers Meski Netral Tanpa Keberpihakan

Pers Meski Netral Tanpa Keberpihakan

286
0
SHARE

By: Ricky Putra Yuliandi

Pers adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh media massa untuk mengumpulkan, mengelola, dan menerbitkan informasi. Fungsi pers dalam kehidupan sehari – hari adalah sebagai media informasi, media hiburan, media pendidikan, media kontrol, dan sebagai lembaga ekonomi.

Dalam mengungkapkan kebenaran dari suatu peristiwa di sebuah media. Tentunya butuhkan investigasi panjang, konfirmasi ulang dan lainnya. Pekerjaan ini memang memakan waktu lama yang melelahkan, apalagi jika mengungkap fenomena ketertindasan dan ketidak-adilan yang terjadi dikalangan masyarakat. Sebab, disinilah letaknya peran sosial control yang sesungguhnya nan mesti dijalankan para insan pers. Yang benar, sampaikan dengan benar dan yang salah sampaikan dengan jelas disertai penulisan nan ber-etika.

Insan pers meski netral tanpa keberpihakan. Pemberitaan dengan berdasarkan nara sumber yang layak, disertai data dan fakta tanpa penulisan yang berat sebelah merupakan kunci utama insan Pers dalam menyuarakannya. Mengharapkan bayaran dalam sebuah pemberitaan apalagi ada maksud tertentu dibalik itu, tentunya akan berdampak buruk pada moralitas insan pers itu sendiri. Membalikkan fakta dalam suatu pemberitaan diatas bayaran yang menggiurkan, sama saja mengangkangi UU Pers dan etika jurnalistik.

Kritikan membangun dengan berorientasi meluruskan akhlak moralitas bangsa, adalah kewajiban insan pers untuk menggiring opini dan pemberitaannya. Jangan suguhi informasi tidak benar atau hoak yang bisa merusak atau mempengaruhi persepsi masyarakat. Pemberitaan diberbagai media berperan besar dalam memunculkan opini masyarakat. Untuk itu, dengan tidak menjadikan Pers sebagai alat kepentingan tertentu (Kepentingan pribadi ataupun kelompok) maka Pers telah ikut membangun bangsa.

“Pers dalam setiap pemberitaannya harus jujur, transparan dan tidak dijadikan sebagai alat politik”

Pers yang bebas dan bertanggung jawab memegang peranan penting dalam masyarakat demokratis dan merupakan salah satu unsur bagi negara dan pemerintahan yang demokrasi. Menurut Miriam Budiardjo, bahwa salah satu ciri negara demokrasi adalah memiliki pers yang bebas dan bertanggung jawab.

Dalam Demokrasi diperlukan partisipasi rakyat, yang muncul dari kesadaran politik untuk ikut terlibat dan andil dalam sistem pemerintahan.Pada berbagai aspek kehidupan di negara ini, sejatinya masyarakat memiliki hak untuk ikut serta dalam menentukan langkah kebijakan suatu Negara.

LEAVE A REPLY