Home BERITA TERBARU Mengagumkan Candi Plaosan Memiliki Keunikan Tersendiri

Mengagumkan Candi Plaosan Memiliki Keunikan Tersendiri

266
0
SHARE

Yogyakarta, targetsumbar.com – sebagai Provinsi Daerah Istimewa memang dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang sangat kental, terutama dalam hal bangunan berbentuk candi. oleh sebab itu Yogyakarta memiliki begitu banyak peninggalan sejarah, salah satunya adalah Candi Plaosan.

Diketahui bersama bahwa Candi Plaosan merupakan salah satu Candi Budha yang berada di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Jogjakarta. Candi ini menjadi destinasi yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Yogyakarta. Candi ini tak hanya cantik di siang  hari saja, namun akan terlihat lebih menarik lagi ketika saat matahari terbit ataupun matahari tenggelam. Dipastikan bahwa pemandangannya akan sungguh mengesankan bagi setiap pengunjung yang mendatanginya.

Candi Plaosan mempunyai dua kompleks, yaitu Plaosan Lor (utara) dan Plaosan Kidul ( selatan). Relief dalam ukiran Candi Plaosan kidul menggambarkan tentang keperkasaan laki – laki. Sedangkan di Candi Plaosan Lor menggambarkan tentang ke anggunan wanita. Keistimewaan lain yang dimiliki Candi Plaosan yaitu pada bagian belakang candi, dimana terdapat sebuah pohon bodhi dan semacam altar yang dikelilingi patung Budha. Bahkan altar ini masih digunakan untuk ritual keagamaan umat Budha sampai saat ini. Selain itu, candi ini merupakan salah satu kebanggaan DIY. (Red)

LEAVE A REPLY