Home BERITA TERBARU Komisi II DPRD Padang, Dinas Perdagangan Diminta Awasi Harga Bahan Pokok

Komisi II DPRD Padang, Dinas Perdagangan Diminta Awasi Harga Bahan Pokok

168
0
SHARE

Padang, targetsumbar.com – Memasuki bulan suci ramadhan biasa harga bahan pokok di pasaran rentan sekali naik. Hal tersebut biasanya dikarenakan ulah permainan distributor-distributor atau spekulan terkait aksi penimbunan dan permainan harga sembako sehingga mengakibatkan kekosongan pasokan bahan yang dibutuhkan para masyarakat.

Menyikapi hal ini Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Padang Yulisman mengatakan, jelang ramadhan 1438 H 2017 M ini agar Pemko Padang melalui Dinas Perdagangan untuk dapat melakukan pengawasan ke distributor-distributor terkait aksi penimbunan dan permainan harga sembako jelang masuknya ramadhan ini.

Hal ini dilakukan agar kekosongan bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat tidak terjadi serta kekecewaan masyarakat atas kenaikan harga barang akibat kekosongan pasokan. Pemko harus mengambil sikap terkait hal ini, demi mewujudkan kenyamanan dan menghindari persoalan baru yang akan timbul nantinya, ” ujarnya Rabu (10/5).

Selain itu juga, pihaknya bersama pimpinan Komisi II DPRD Padang beserta anggota lainnya siap turun kelapangan dalam waktu dekat bersama Dinas Perdagangan untuk meredam agar tidak terjadinya kenaikan harga agar hal ini tidak berlarut-larut terjadi.

Kepada Pemko Padang melalui pihak terkait untuk dapat memberikan teguran serta sanksi kepada para distributor yang kedapatan melakukan penimbunan serta memainkan harga sembako jelang datangnya bulan ramadhan, ini dilakukan agar pengusaha jera serta takut mengulangi perbuatannya kembali.

“Kemudian Dinas Perdagangan Padang diharapkan melakukan operasi pasar terkait hal ini, demi membuktikan keresahan warga saat ini serta menghindari kegelisahan para konsumen,” ujarnya

Sementara Anggota Komisi II lainnya Azirwan,  meminta kepada para masyarakat untuk dapat melaporkan pelaku usaha atau pedagang yang sengaja menimbun dan memainkan harga sembako jelang ramadhan, ini demi mengurangi kebebasan para pelaku dalam hal itu serta mengurangi kekecawaan para konsumen dalam memenuhi kebutuhan yang diperlukan.

“Disamping itu juga, Pemko bersama instansi terkait diharapkan duduk bersama dengan Komisi II terkait penyelesaian persoalan ini, pihaknya bersama pimpinan siap menfasilitasinya, demi mewujudkan kenyamanan masyarakat serta menghindari kegelisahan terkait rentannya kenaikan harga di bulan ramadhan, ” katanya.

Kepala Dinas Perdagangan Padang Endrizal mengatakan, kita sudah wanti – wanti kepada distributor kebutuhan pokok ini agar tak menaikkan harga barang seenaknya. Karena itu bisa dipidanakan sesuai ketentuan hukum yang baru,” sebut Kadis Perdagangan Kota Padang Endrizal, kemarin.

Untuk meminimalisir terjadinya penimbunan dan permainan harga, sebut Endrizal, pihaknya saat ini selalu memantau ke lokasi gudang- gudang distributor. Kita lakukan sidak untuk memastikan tidak ada permainan penimbunan barang sehingga terjadi kelangkaan.

“Kita akan pantau langsung ke lapangan, bagi yang kedalatan langsung diproses,” katanya.

Jika menemukan lonjakan harga yang cukup signifikan, warga diminta menyampaikan hal tersebut pada petugas Dinas Perdagangan, sehingga bisa dicarikan penyebab dan solusinya. Petugas kita akan selalu memantau gejolak harga – harga dilapangan setiap hari. Kalau ada yang bermain kita akan langsung turun untuk melakukan tindakkan dan sampai saat ini belum ada kenaikkan harga yang signifikan,

LEAVE A REPLY