Home BERITA TERBARU Warga Perum Belimbing, Rasakan Kenyamanan dan Keamanan Semenjak Berdirinya 3 Pos Ronda...

Warga Perum Belimbing, Rasakan Kenyamanan dan Keamanan Semenjak Berdirinya 3 Pos Ronda DBA

368
0
SHARE

Pos Kamling adalah pos keamanan keliling, merupakan pos jaga bagi para linmas atau warga yang biasa berjaga dimalam hari demi untuk keamanan lingkungan, blok, kampung maupun desa dimana mereka bertempat tinggal.

Pos Kamling adalah sebuah bangunan yang berukuran mulai dari 3 x 3 atau lebih. biasanya terdiri atas sebuah bangunan yang berbentuk kotak baik terbuat dari bambu , kayu maupun bangunan batu bata seperti saat ini dan berfungsi sebagai tempat peristirahatan atau duduk bagi setiap linmas atau warga maupun petugas jaga.

Padang, targetsumbar.com – Ketua Pemuda Delima Blok A (DBA) Zul Afdal saat wawancara eklusif dengan awak media ini menuturkan. Ada sebanyak 3 Pos kamling dilingkungannya yang dapat berfungsi untuk berbagai hal, yang pada intinya sebagai tempat peristirahatan atau tempat berkumpulnya warga yang sedang bertugas ronda.

Ketua Pemuda Delima Blok A (DBA) Zul Afdal.

Adapun 3 Pos ronda yang sudah berdiri dibangun di DBA dengan swadaya masyarakat ini. Berada di Perumahan Belimbing, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Antara lain, Pos 1  terletak di jln Delima 5 tepatnya dibelakang PDAM. Sedangkan Pos 2 terletak di jalan Delima Raya No 38. Sementara Pos 3 terletak di jalan Delima 1 Ujung (Warung Sil).

Fungsi lain Pos kamling di DBA ini pada dasarnya adalah sebagai tempat istirahat bagi warga atau penjaga ronda, termasuk bagi pejalan kaki yang ingin berteduh jika sedang mengalami kehujanan. Selain itu, Pos kamling DBA seringkali dipergunakan sebagai tempat beristirahatnya pejalan kaki yang sedang kelelahan.

“Moto utama kami adalah, Meningkatkan keamanan dan kenyaman bagi semua warga yang tinggal dilingkungan Delima Blok A (DBA)”. Ungkap Zul Afdal yang akrab disebut Dafit.

Untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan situasi yang kondusif, dibutuhkan peran serta seluruh komponen masyarakat. Salah satunya dengan cara menumbuhkan kembali penjagaan bersama dengan pos kamling.

Dengan adanya fungsi Pos kamling di lingkungan DBA, tentunya akan dapat meningkatkan keamanan serta mampu mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan. Misalnya tindakan pencurian dan sebagainya.

“Menyoal telah dibangunnya Pos kamling ini, diharapkan kita dapat menjaga keamanan secara bersama-sama. Dalam melakukan penjagaan di Pos kamling hendaknya untuk tidak lengah. Dapat selalu waspada terhadap situasi, kondisi serta perkembangan social di lingkungan sekitar” tutur Ketua LPM Kel Kuranji, Irwan Basir Dt Rajo Alam SH, MM, Rabu (31/05).

Dukungan dan apresiasi warga memang cukup tinggi. Hanya saja fasiltas ronda saat ini masih ada yang kurang, seperti Senter, Mantel, Rompi, Dispenser, Jaket, Sepatu Ronda, Pentungan, HT, serta Toha.

Selain itu, lampu jalan di Delima 1 dan Delima Raya serta Jalan jalur 2 Markisah Raya masih sangat minim. Mudah-mudahan pemasangan lampu jalan dengan jarak sekian meter dapat dilakukan, termasuk sarana atau fasilitas yang ada di 3 Pos ini, diharapkan mendapatkan perhatian dari pihak terkait. Sebut Dt Rajo Alam.

Dikesempatan yang sama, Ketua Keamanan DBA Musrial ikut menambahkan. LPM, Lurah dan Babinkantibmas Kel. Kuranji sangat meng-apresiasi pembangunan 3 Pos tersebut. Meskipun pembangunannya diselesaikan dari swadaya masyarakat, namun kita sangat bersyukur bahwa dukungan warga cukup tinggi.

“Saya berharap agar nantinya Kantor Sekretariat yang terletak di antara jalan Delima 8 dan 9 tersebut, mendapatkan bantuan dari para donator ataupun dari pemerintah setempat. Karena pembangunan kantor ini masih dalam tahap pengerjaan”. Tutur Musrial yang ikut di amini warga lainnya. (Red).

 

LEAVE A REPLY