Home BERITA TERBARU Tanamkan Semangat Bela Negara, Warga Diimbau Datangi Masjid/Musala Pada 16-08-2017

Tanamkan Semangat Bela Negara, Warga Diimbau Datangi Masjid/Musala Pada 16-08-2017

143
0
SHARE

Padang, TS – Kesadaran Bela negara terus ditanamkan. Terutama kepada seluruh masyarakat, termasuk generasi muda.

Agar semangat bela negara terpatri dalam jiwa setiap warga, Pemerintah Kota Padang mengajak seluruh warga untuk mendatangi masjid dan musala pada saat sehari sebelum Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI. Pada 16 Agustus 2017 nanti, seluruh warga akan dibekali dengan materi empat pilar kebangsaan.

“Mari kita ramaikan masjid dan musala pada 16 Agustus nanti,” ajak Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo usai membuka kegiatan Pemeliharaan Kesadaran Bela Negara bagi guru SMP se-Kota Padang yang diadakan Dirjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI di Palanta Rumah Dinas Walikota Padang, Rabu (9/8).

Pada 16 Agustus nanti, masing-masing masjid ataupun musala di tiap RW di Padang akan dikunjungi oleh TNI / Polri, serta aparatur Pemko Padang. Mereka akan memberikan materi empat pilar kebangsaan kepada seluruh warga di masjid dan musala.

Kegiatan ini dimulai pukul 16.00 Wib diawali dengan salat ashar berjamaah. Kemudian dilanjutkan hingga salat isya.

“Setelah salat isya, dilanjutkan dengan doa bersama,” papar Mahyeldi didampingi Kadis Pendidikan Barlius dan Kabag Humas Imral Fauzi.

Penanaman semangat bela negara tidak saja kepada masyarakat, tetapi juga kepada pejabat publik maupun bagi guru sekolah.

“Kesadaran bela negara mesti ditanamkan di tengah masyarakat,” tambah Mahyeldi.

Pada Rabu pagi itu, ratusan guru SMP se-Kota Padang mendapat bekal dari Dirjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI. Mereka berpakaian loreng seperti tentara. Seluruh guru dibekali selama dua hari.

“Kita harap setelah ini seluruh peserta mentransfer ilmunya kepada seluruh anak didik,” ujar Walikota Padang di depan seluruh peserta.

Sementara, Pemko Padang justru telah menganggarkan biaya untuk penanaman bela negara kepada seluruh pejabat. Seluruh pejabat juga akan mendapat pembekalan.

“Tahun ini kita anggarkan untuk memberikan materi nilai bela negara kepada Walikota hingga ke pejabat eselon V/b,” jelasnya.

Sisi lain, agar tertanamnya kesadaran bela negara di tengah siswa sekolah, Pemko Padang menggagas lomba mars bela negara antar SD dan SMP. Masing-masing kelas mesti unjuk kebolehan agar keluar sebagai pemenang dan mewakili sekolahnya di tingkat Kota Padang.

“Setelah itu kita gelar lomba mars bela negara antar sekolah, kita minta Dinas Pendidikan segera melakukan ini,” sebutnya.(Charlie)

LEAVE A REPLY