Home BERITA TERBARU Keterangan Bebas Pidana, 4 Bakal Calon Sudah Ajukan ke PN

Keterangan Bebas Pidana, 4 Bakal Calon Sudah Ajukan ke PN

222
0
SHARE

Bangkalan, TS – Menjelang Pilkada, tampaknya pendaftaran bakal calon kepala daerah sudah semakin dekat. Meskipun sebelum mendaftarkan diri Ke KPUD, syarat calon harus terpenuhi.

Syarat tersebut di antaranya memiliki keterangan tidak pernah dipidana atau sudah keluar pidana lebih 5 tahun. Salah satu contoh dikabupaten Bangkalan hingga hari ini, Cabup maupun Cawabup yang mengajukan permohonan keterangan tersebut Ke kantor Pengadilan Negeri Bangkalan (PN) masih 4 orang. Yakni, Abdul Latif Amin Imron, Sudarmawan, Mohni dan Ra Mondir, Rabu (3/1/2018).

Untuk pengajuan keterangan terbebas pidana itu, pemohon harus membawa surat keterangan dari kepala desa/kelurahan dan SKCK dari Polres.

“Hari ini, ada Ra Mondir Wakil Bupati yang sudah mengajukan, tetapi untuk Ra Imam sudah mengajukan tetapi belum langsung ke sini. Kan yang bersangkutan harus datang sendiri, tidak boleh di wakilkan,” Tutur Nurhajati Panitera Muda Hukum PN Bangkalan.

Sementara Humas PN Bangkalan, Ahmad Zaini menuturkan, semua pemohon akan ditelusuri. Apakah terdapat catatan pidana atau tidak di kantor kerjanya. “Surat keterangan dari kepala desa maupun SKCK nanti kita akan mengecek di internal PN, pungkasnya.

LEAVE A REPLY