Home BERITA TERBARU Menjelang HUT ke-56 “Bank Nagari Gelar Lomba MTQ”

Menjelang HUT ke-56 “Bank Nagari Gelar Lomba MTQ”

360
0
SHARE

Padang, TS – Untuk mengawali peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-56, Bank Nagari menggelar perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) antar karyawan dan anak karyawan Bank Nagari di kantor pusat Jalan Pemuda Nomor 21 Padang, Sabtu (3/3).

Disampaikan Direktur Keuangan Bank Nagari, M.Irsyad yang mewakili direksi saat itu, “Lomba MTQ ini pembuka rangkaian kegiatan HUT Bank Nagari ke-56, puncaknya tanggal 12 Maret mendatang,” tukasnya.

Dirinya mengatakan, lomba MTQ ini merupakan pertama kali digelar sepanjang sejarah peringatan HUT Bank Nagari. Selain sebagai modal awal melakukan sesuatu yang baik, sekaligus kegiatan perdana dalam rangkaian HUT Bank Nagari tahun ini.

Menurutnya, selain untuk mempererat silaturahmi di keluarga besar Bank Nagari, sekaligus membiasakan karyawan dan anak-anak keluarga Bank Nagari semakin menicintai Al-Qur’an serta mengamalkannya. Harapannya, dengan kegiatan MTQ ini bisa memberi kebaikan bersama.

Sebab, lanjutnya, mengamalkan dan mencintai Al-Qur’an haruslah dimiliki oleh setiap muslim karena Al-Qur’an adalah tanda cinta Allah Swt. kepada kita hambaNya. Sikap cinta kepada Al-Qur’an telah dicontohkan dengan sangat indah oleh para pendahulu kita, yaitu para sahabat Nabi yang mulia.

Setiap kali turun satu ayat, para sahabat berlomba mengerumuni Nabi SAW. untuk mendengarkan ayat tersebut. Mereka mendengarkan ayat-ayat Al-Qur’an dengan rasa ingin tahu dan hormat yang sangat besar. Sedemikian besar keingintahuan mereka hingga suatu saat Rasulullah mendesak Malaikat Jibril untuk segera menurunkan wahyu. Setelah mendengar ayat tersebut, para sahabat segera menghafalkannya dan mengamalkannya. Dari contoh tersebut, kita dapat mengambil pelajaran cara mencintai Al-Qur’an. Sebutnya mengisahkan.

“Karena itu, bila Al-Qur’an diamalkan, sikap dan mental kita sebagai karyawan Bank Nagari juga akan lebih baik, yang akan berdampak pada kemajuan Bank Nagari dan kemajuan bersama, termasuk pada kemajuan ekonomi masyarakat Sumatera Barat,” jelasnya.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Nagari sekaligus Ketua Panitia HUT ke-56, Mardiah, menuturkan lomba MTQ baru diusul tahun ini, dan langsung disetujui untuk dilaksanakan. “Karena memang tahun ini baru ada usulannya, jadi langsung dilaksanakan dan sekaligus bertepatan untuk HUT ke-56,” sebutnya.

Sementara itu Kepala Kementerian Agama Kota Padang, Kardinal, yang hadir pada saat itu juga menyebutkan agar Bank Nagari kedepannya tidak hanya menggelar lomba MTQ saja. Ia berharap Bank Nagari bisa melaksanakan perlombaan yang bernuansa islami lainnya.

Dituturkannya, mendengar ayat Al-Qur’an saja mendapat pahala, apalagi mampu ikut membaca dengan baik dan benar serta khusyuk, pasti pahalanya akan lebih besar. “Ke depan kita harapkan bukan hanya lomba MTQ, tapi juga pidato, adzan, atau hafalan Al-Qur’an yang bisa meningkatkan iman dan takwa karyawan Bank Nagari,” ujarnya.

Terlihat sebanyak 30 peserta Tingkat Karyawan dan 23 Tingkat Anak-anak Karyawan dalam lomba MTQ ini, dinilai oleh dewan juri hafiz dan qori nasional Sumbar, yakni Nasir Sikumbang, Bakri, Yufmi Faisal, Hj. Arnawita, H.Zainar Tahir, serta Buya Mukhlis, dengan memilih tiga terbaik dari masing-masing kategori.

Adapun juara pertama tingkat karyawan kategari putra, yakni Ahmad Rifki dari Cabang Pulau Punjung, juara kedua Alhamid dari Cabang Tapan, dan juara ketiga Yudhi Anggara Putra dari Divisi Kredit. Kemudian untuk kategori karyawan putrid, juara pertama diraih Fatma Sari dari Cabang Bukittinggi, juara kedua Habibah dari Cabang Payakumbuh, dan juara ketiga oleh Asmi Hartati dari KCS Payakumbuh.

Selanjutnya, kategori tingkat anak-anak karyawan Bank Nagari, juara pertama diraih oleh Sazkia Zykri dari Cabang Pasar Raya, juara kedua diraih oleh Putri Salsabilah Cabang Bukittinggi, dan juara ketiga oleh Athaya Alvinda dari Cabang Payakumbuh. **

LEAVE A REPLY