Home BERITA TERBARU Partisipasi Jurnalis Sangat Penting Dalam Mengangkat Isu Sanitasi

Partisipasi Jurnalis Sangat Penting Dalam Mengangkat Isu Sanitasi

183
0
SHARE

Target Sumbar –  Strategi layanan sanitasi pada dasarnya adalah untuk mewujudkan Tujuan dan Sasaran pembangunan sanitasi yang bermuara pada pencapaian Visi dan Misi Sanitasi. Dalam merumuskan strategi layanan sanitasi didasarkan pada isu-isu utama/strategis yang dihadapi pada saat ini.

Paparan isu strategis dan tantangan layanan sanitasi mencakup isu strategis aspek non teknis yang terdiri dari aspek; kebijakan daerah dan kelembagaan, keuangan, komunikasi, keterlibatan pelaku bisnis, pemberdayaan masyarakat, aspek jender dan kemiskinan, serta aspek monitoring dan evaluasi.

Kita ketahui, bahwa paparan isu strategis aspek teknis terdiri dari; sub sektor air limbah domestik, sub sektor persampahan, sub sektor drainase lingkungan, sektor air bersih dan aspek perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Dalam rangka mempercepat akses sanitasi, salah satu adalah Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Provinsi Sumatera Barat yang saat ini masih tercatat mencapai angka 77,73%, artinya sebanyak 22,27% masyarakat Sumbar masih Buang Air Besar Sembarangan, atau sebanyak 1.198.588 jiwa.

Untuk mewujudkan 100% stop BABS di Sumbar diperlukan komitmen yang kuat dari pemerintah untuk mewujudkannya dan kesadaran masyarakat untuk hal itu.

Salah satu upaya untuk mengatisipasi hal tersebut. Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat (LP2M) dan Perkumpulan Keluarga Berencana (PKBI) Sumatera Barat, dengan dukungan SNV (organisasi pembangunan dari Belanda) tengah bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Sijunjung di berbagai program terutama di bidang sanitasi.

Diperlukan partisipasi jurnalis dan media dalam memberikan informasi dan meningkatkan kesadaran multipihak terhadap permasalahan sanitasi di Sumbar.

Untuk itu, LP2M mengundang jurnalis media di Sumbar terutama Kabupaten Sijunjung dan Padang Pariaman mengikuti Workshop Orientasi Media Dalam Isu Sanitasi, Rabu (15/8) di Pangeran Beach Hotel Padang.

Menurut Bambang Pujiatmoko dari SNV, peran media sangat penting dalam mengangkat isu sanitasi saat ini. Sanitasi yang buruk memberikan dampak berbagai penyakit terutama diare sehingga menyebabkan stunting anak.

” Sanitasi adalah kehidupan, isu sanitasi bukan hanya menyangkut orang lain, tetapi menyangkut keluarga kita sendiri,” ungkapnya.

Selanjutnya isu strategis aspek non teknis, dimaksudkan dalam bagian ini merupakan isu strategis pada tataran sektor sanitasi, sedangkan isu strategis aspek non teknis yang terkait langsung dengan setiap sub sektor sanitasi, ungkapnya lagi.

Pada prinsipnya pelaksanaan Workshop orientasi media ini sangat bermanfaat dalam pengembangan penyuguhan informasi dalam bentuk tulisan yang dapat menarik minat pembaca untuk ingin lebih mengetahui kontek penulisannya. (Red)

LEAVE A REPLY