Home BERITA TERBARU Menuju Lomba UKS, SMAN 2 Sijunjung Bertekad Tampil Hingga di Tingkat Nasional

Menuju Lomba UKS, SMAN 2 Sijunjung Bertekad Tampil Hingga di Tingkat Nasional

437
0
SHARE

Sijunjung, Target Sumbar – Dalam rangka menghadapi lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Kabupaten tahun 2018. SMA. N 2 Sijunjung yang dipilih oleh Kecamatan Sijunjung, akan bertekad untuk mampu tampil hingga di tingkat Nasional.

Biasanya dalam pelaksanaan UKS yang ada di lingkungan sekolah. UKS perlu mempunyai program-program yang menunjang proses pelaksanaan kegiatan UKS di lingkungan sekolah. Dalam hal ini program yang digunakan dalam UKS adalah Trias UKS.

Dimana Trias UKS sendiri merupakan program yang bertujuan untuk menunjang setiap kegiatan yang ada di UKS yang berada dilingkungan sekolah.

Kepsek SMAN 2 Sijunjung, Drs. Syafaruddin,MM, saat wawancara eksklusivenya dengan awak media ini mengatakan. Pengertian Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah, upaya membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat, yang dilakukan secara terpadu melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah, perguruan agama serta usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan di lingkungan sekolah.

“Hal itu dilaksanakan secara terpadu, sadar, berencana, terarah dan bertanggungjawab dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan dan membimbing untuk menghayati menyenangi dan melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Papar Syafaruddin.

Trias UKS sendiri terdiri dari 3 bagian, yakni Pendidikan kesehatan sendiri menjadi yang pertama dalam trias UKS, hal ini dikarenakan fungsi UKS yang utama adalah sebagai media atau sarana pendidikan tentang kesehatan. UKS merupakan sarana belajar siswa tentang kesehatan.

Jadi bisa diambil kesimpulan “UKS yang berhasil bukan UKS yang setiap hari penuh dengan anak sakit, melainkan UKS yang setiap hari penuh dengan siswa yang belajar tentang pendidikan kesehatan, tukasnya.

Trias UKS yang kedua, lanjut Syafaruddin. Yaitu pelayanan kesehatan. Dalam hal ini UKS memiliki fungsi sebagai pemberi pelayanan kesehatan. Program yang biasanya dilakukan untuk menunjang program pelayanan kesehatan, sebagai contoh adalah melakukan perawatan siswa yang sakit, melakukan rujukan kesehatan bagi siswa yang memerlukan penanganan kesehatan lebih lanjut, melakukan skrening kesehatan, menganalisa status gizi siswa, pemberian nutrisi kepada siswa, dll.

Trias UKS yang ketiga adalah, terang Kepsek yang terbilang ramah ini, yakni lingkungan sekolah yang bersih dan sehat. Dalam hal ini UKS berperan aktif dalam mengkondisikan lingkungan sekolah agar tetap bersih dan sehat.

“Melaksanakan trias UKS yang ketiga ini UKS tidak bisa bekerja sendiri, melainkan harus bekerjasama lintas program dan lintas sektoral. Sebagai contoh kegiatan yang dilakukan dalam menjaga lingkungan sekolah sehat ini adalah, menjaga kesehatan jajanan kantin, menjaga kebersihan KM/ WC, menjaga kebersihan kelas dan menjaga lingkungan sekolah bersih. Serta membersihkan jentik nyamuk”, papar Syaruddin menjelaskan. (Danus)

LEAVE A REPLY