Home HEADLINE Gempar, Pesawat Antonov Keluarkan Suara Aneh dan Terpantau Melintasi Purwakarta dan Subang

Gempar, Pesawat Antonov Keluarkan Suara Aneh dan Terpantau Melintasi Purwakarta dan Subang

261
0
SHARE

TS  – Warga Pekalongan dan sekitarnya dikejutkan suara aneh, sekitar pukul 01.10 WIB. Beberapa pihak mengatakan sumber suara tersebut bisa berasal dari pesawat. Seperti keterangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Dikutip dari Kompas.com BMKG berpendapat, itu adalah suara pesawat. BMKG memastikan suara itu bukanlah fenomena alam.

“Pendapat kami itu suara pesawat terbang yang sedang melintas,” kata Kepala Stasiun Klimatologi Klas I BMKG Kota Semarang, Tuban Wiyoso, saat dikonfirmasi, Jumat (14/12/2018) malam.

Tuban Wiyoso menambahkan, suara misterius yang sempat terdengar pada Jumat dini hari bukan fenomena alam.

Warganet di media sosial berspekulasi suara aneh di langit Pantura berasal dari pesawat Antonov yang diproduksi pabrikan Antonov yang berbasis di Ukraina. Seorang warganet Twitter kemudian menanyakan hal tersebut kepada akun TNI AU (@_TNIAU) dengan menampilkan screenshot Flight Radar 24 rute pesawat Antonov An-12 BP

Menurut pantauan melalui aplikasi Fligt Radar 24, tercatat beberapa data penerbangan pesawat Antonov An-12 BP dengan nomor registrasi UR-CGW pada Jumat (14/12/2018). Flight Radar 24 pada Jumat (14/12/2018) dini hari sekitar pukul 05.40 UTC atau 00.40 WIB pesawat tersebut terpantau melintasi langit Purwakarta, Jawa Barat di ketinggian 15.350 kaki.

Tetapi saat pesawat diduga melintasi langit Subang, di situs Flight Radar 24 hanya tergambar garis putus-putus pada jalur yang dilaluinya. Baru pada pukul 06.14 UTC atau 01.14 WIB di ketinggian 23.000 kaki, pesawat Antonov An-12BP kembali terdeteksi. Tidak ada informasi yang ditampilkan di mana pesawat itu mendarat.

Akun resmi TNI AU menanggapi pernyataan yang diajukan warganet tersebut. “Nope, pesawat AN-12 milik Ukraina tsb selama memasuki wilayah udara NKRI selalu termonitor berada di ketinggian 22.000 ft, dan ukurannya relatif tidak jauh berbeda dg pswt C-130 Hercules. Secara teori fisika tdk akan mengeluarkan bunyi seperti yg sedang viral,” cuit @_TNI AU pada (14/12/2018).

Dikutip dari Tribun Jateng, pengamat penerbangan Alvin Lie angkat bicara mengenai heboh suara pesawat di Pekalongan. Alvin mengatakan tidak ada yang luar biasa pada kejadian tersebut. Pesawat itu lewat dini hari sehingga terdengar keras.

“Tadi saya cek di Flight Radar 24 memang ada pesawat berjenis kargo lewat di sana (Pekalongan) sekitar pukul 02.30 di ketinggian 23 ribu kaki. Tidak ada yang luar biasa,” ujarnya saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (14/12/2018).

Menurut Alvin, pesawat kargo yang lewat tersebut berbadan besar. Namun dia tidak yakin pesawat itu apakah buatan Cina atau Rusia. “Pesawat itu tidak terbang rendah. Pesawat itu terbang di 23 ribu kaki, tidak rendah, lho,” ucap pengamat penerbangan yang juga ketua Ombudsman Republik Indonesia ini.

Hasil pengamatannya, pesawat tersebut akan menuju Melbourne Australia. Pesawat itu berangkat dari Jakarta. “Bisa saja dia berhenti di Jakarta untuk mengisi bahan bakar,” katanya.

Antonov memang dikenal sebagai pesawat berbadan bongsor atau besar. Pesawat Antonov pernah nongol di film 2012. Ketika itu kawasan Amerika Serikat dilanda gempa dan likuefaksi. Para pemeran di film tersebut kemudian bergegas menaiki Antonov yang ada di landasan pacu. Di dalam pesawat tersimpan beberapa mobil.**

LEAVE A REPLY