Home DHARMASRAYA Pimpin Upacara Perigatan Hari Jadi Kabupaten Dharmasraya ke 15

Pimpin Upacara Perigatan Hari Jadi Kabupaten Dharmasraya ke 15

168
0
SHARE

Dharmasraya – Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menggelar upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Dharmasraya ke 15 di Halaman Kantor Wali Nagari Koto Baru, Ahad (06/01). Upacara yang di ikuti oleh segenap elemen masyarakat tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Upacara yang digelar setiap tahun oleh pemerintah bersama masyarakat di Halaman Kantor Wali Nagari Koto Baru, merupakan salah satu cara untuk memperingati hari bersejarah Ranah Cati Nan Tigo. Dimana, Nagari Koto Baru merupakan salah satu tempat bersejarah atas terjadinya pemekaran Kabupaten Dharmasraya.

“Di usia ke 15 tahun sekarang, Kabupaten Dharmasraya telah mengalami pertumbuhan yang pesat. Kemajuan yang dicapai saat ini tentu juga tidak terlepas dari dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, sehingga berbagai hasil pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dapat dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Dharmasraya,” ujar bupati.

Pemerintah daerah, lanjut bupati, telah menyusun berbagai program dan kegiatan yang menjadi prioritas daerah untuk kesejahteraan masyarakat. Terutama yang terkait dengan pelayanan dasar seperti kesehatan, pendidikan serta pembangunan infrastruktur yang mendukung pertumbuhan perekonomian guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dan untuk tahun 2019 ini, sambung bupati lagi, pemerintah daerah bersama DPRD telah menetapkan APBD tahun 2019 senilai Rp 1.019.920.621.019. Ini merupakan APBD pertama Kabupaten Dharmasraya yang menembus angka Rp 1 triliun lebih.

“Pencapaian ini merupakan prestasi dan kerja keras kita semua. Karena Kabupaten Dharmasraya berhasil meraih Opini WTP dalam laporan keuangan pemerintah daerah selama tiga tahun berturut-turut, penetapan Perda APBD yang tepat waktu serta pengadaan barang dan jasa yang sudah menggunakan e-procurement,” ungkap bupati.

Beberapa program strategis yang telah ditetapkan pada APBD 2019, dijelaskan bupati,antara lain adalah pengoperasionalan RSUD baru, Masjid Agung, kelanjutan pembangunan jembatan pulai, rehalibitasi jalan nasional, penambahan jalan mantap, peningkatan jaringan irigasi batanghari, pembangunan embung, melanjutkan program pembebasan semua jenis pungutan di semua jenjang pendidikan baik TK, SD dan SMP

Bupati menyadari, harapan dan keinginan masyarakat pada Pemerintah Kabupaten Dharmasraya akan terus meningkat sesuai dengan kemajuan informasi dan teknologi. Atas dasar itulah pemerintah daerah selalu berupaya melakukan upaya peningkatan pelayanan dasar pada masyarakat sekaligus meningkatkan pendapatan daerah.

Kepada segenap masyarakat, bupati juga menghimbau untuk tetap menjaga rasa kebersamaan dan kekeluargaan. “Karena kondisi inilah yang menjadi modal utama kita. Betapapun sempurnanya kebijakan yang dibuat oleh pemerintah daerah, tidak akan berjalan tanpa adanya dukungan segenap elemen masyarakat,” pungkas bupati.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyerahkan piagam penghargaan kepada TNI dan Polri berprestasi, serta kepada purna paskibraka Dharmasraya.

 

LEAVE A REPLY