Home BERITA TERBARU Rakernas dan Launcing Gerakan Indonesia Bersih Dihadiri Wabup Amrizal Dt Rajo Medan

Rakernas dan Launcing Gerakan Indonesia Bersih Dihadiri Wabup Amrizal Dt Rajo Medan

148
0
SHARE

Pulau Punjung, Target Sumbar – Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt Rajo Medan menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan launching Gerakan Indonesia Bersih di Auditorium Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Kamis (21/02).

Rapat yang digelar bertepatan dengan momentum peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tersebut dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, serta dihadiri sejumlah menteri lainnya dan kepala daerah se Indonesia.

Dijelaskan, tujuan dari dilaksanakanya gerakan ini adalah untuk memastikan langkah-langkah percepatan Gerakan Indonesia Bersih, baik dari kebijakan sektor dan daerah. Serta tidak kalah penting, melalui Rakernas ini juga diharapkan dapat mendorong pemerintah dalam mewujudkan target-target nasional dalam upaya pencapaian Gerakan Indonesia Bersih.

Sementara itu, menurut wakil bupati, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya sendiri telah melakukan aksi dan melahirkan regulasi dalam upaya pembatasan timbulan sampah di daerah.

Diantaranya, membuat Perbup Nomor 40 tahun 2018 tentang kebjakan dan strategi daerah dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga. Kemudian membuat regulasi berupa Surat Edaran Bupati Nomor SE/282/PSL3PP/DLH-2018 tantang Himbauan Penyediaan Hidangan Rapat Bebas Kemasan Plastik pada Instansi Pemerintah.

Menggalakkan pembuatan dan pengelolaan sampah plastik bagi anak sekolah SD-SMP dalam bentuk Eco Brick bagi setiap siswa 2 botol dalam sebulan, dan ini akan dilegalkan dalam bentuk Surat Edaran Bupati.

Serta, pemerintah daerah juga ada membuat baliho edukasi pengelolaan sampah sebanyak 5 buah, melakukan penilaian kebersihan lingkungan OPD rutin sekali sebulan dan membuat pengomposan sederhana bagi OPD dalam bentuk Takakura.

humas

LEAVE A REPLY