Home DHARMASRAYA Pemkab Dharmasraya Konsultasi SAKIP ke Kemenpan RB

Pemkab Dharmasraya Konsultasi SAKIP ke Kemenpan RB

137
0
SHARE

Pulau Punjung, Target Sumbar – Kendati nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Dharmasraya sudah menunjukkan peningkatan selama dua tahun terakhir, namun upaya perbaikan nilai SAKIP terus dilakukan pemerintah daerah.

Hal ini salah satunya dilakukan dengan melakukan konsultasi langsung ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), di Jakarta, Jum’at (22/02).

Kunjungan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya ke Kemenpan RB yang dipimpin langsung oleh Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan ini diterima oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Muhammad Yusuf Ateh.

Pada kesempatan itu, bupati yang turut didampingi Sekda, Adlisman, Asisten Bidang Administrasi Umum, Martoni, Kepala Bappeda, Andi Sumanto, Kepala Inspektorat, Kandam dan Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Dharmasraya, Endang Purwaningsih, tampak melakukan dialog dan mendengarkan langsung sejumlah pemaparan dari deputi, terkait apa-apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan implementasi SAKIP daerah yang lebih baik.

Menurut bupati, konsultasi ini memang diperlukan. Bukan semata-mata untuk mengejar nilai yang lebih baik, melainkan dampak yang akan ditimbulkan untuk daerah dan masyarakat, dengan semakin baiknya implementasi SAKIP.

“Dengan terus memperbaiki SAKIP, ini akan membantu kita untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang lebih efektif dan efisien, yang tentunya akan membawa manfaat bagi masyarakat,” ujar bupati.

Dan tidak hanya itu, imbuh bupati, dengan semakin baiknya nilai SAKIP, tentu pemerintah pusat akan semakin percaya untuk meletakkan program-program strategisnya di Dharmasraya.

Adapun, selama dua tahun terakhir Kabupaten Dharmasraya berhasil mempertahankan predikat B atas nilai SAKIP, yang sebelumnya selalu mendapat predikat C. Dan untuk berikutnya, pemerintah daerah menargetkan nilai SAKIP Dharmasraya meningkat menjadi BB.

“Dan jika memungkinkan untuk langsung melompat ke A, kenapa tidak kita upayakan. Untuk itu saya harap seluruh OPD dapat meningkatkan lagi kinerjanya,” pungkas bupati.

 

humas

LEAVE A REPLY