Home DHARMASRAYA TK Aisyiyah dan Puskesmas Sungai Dareh Dikunjungi Istri Menteri Koperasi dan UKM...

TK Aisyiyah dan Puskesmas Sungai Dareh Dikunjungi Istri Menteri Koperasi dan UKM RI

166
0
SHARE

Pulau Punjung, Target Sumbar – Istri Menteri Koperasi dan UKM RI, Ny. Bintang Puspayoga, selaku anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja juga turut melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Dharmasraya, Selasa (13/03).

Kunjungan kerja ini adalah dalam rangka sosialisasi gerakan cuci tangan di TK Aisyiyah Muhammadiyah dan meninjau aksi layanan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asetat) Test di Puskesmas Sungai Dareh. Istri Bupati Dharmasraya, Ny.Dewi Sutan Riska bersama Istri Wakil Bupati, Ny. Febby Amrizal, mendampingi langsung Ny. Bintang Puspayoga dalam kunjungan ini.

Dikatakan Bintang, OASE mempunyai peran untuk mendukung serta mensukseskan program Kabinet Kerja, dan gerakan cuci tangan serta deteksi dini kanker serviks lewat IVA test, adalah beberapa dari bagian program yang ada, dalam rangka upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Di TK Aisyiyah, di hadapan anak-anak PAUD dan guru, Bintang memaparkan tentang pentingnya menjaga kesehatan salah satunya lewat kebiasaan mencuci tangan yang benar, terutama sekali sebelum makan. Kemudian juga tentang bagaimana pola makan yang sehat.

“Saya harap para guru juga dapat mensosialisasikan hal ini kepada wali murid, untuk diajarkan kepada anak-anak, demi mewujudkan generasi yang sehat dan berkualitas,” ujar Bintang.

Setelah mengunjungi PAUD, Bintang beserta rombongan lanjut mengunjugi Puskesmas Sungai Dareh untuk meninjau layanan pemeriksaan IVA Test. Disana sudah ramai menunggu tenaga medis dari berbagai puskesmas se Dharmasraya, para ibu yang akan melakukan pemeriksaan, serta anggota posyandu remaja.

Disana Bintang juga memaparkan tentang pentingnya melakukan deteksi dini terhadap penyakit kanker serviks. Karena ini adalah penyakit yang banyak menyerang kaum perempuan, sementara gejalanya tidak dapat dilihat dari luar, kecuali melihat ke dalam. Dan IVA test adalah pemeriksaan yang mudah dilakukan untuk mengetahui itu.

“IVA test ini tidak sakit ibu-ibu, dan waktu pemeriksaannya juga sebentar. Jadi ayo periksakan secara dini. Agar jika memang ada gejala, bisa dicegah lebih awal,” tukas Bintang.

Bintang juga meminta para ibu yang sudah melakukan pemeriksaan IVA Test, juga dapat mensosialisasikan kepada ibu-ibu yang lainnya.

Selain itu, Bintang juga mengapresiasi keberadaan Posyandu Remaja yang ada di Kabupaten Dharmasraya. Bintang menilai hal ini sebagai salah satu inovasi dalam rangka pembinaan kesehatan bagi masyarakat, khususnya remaja.

“Ini barangkali juga bisa menjadi inspirasi bagi daerah lain di Indonesia untuk melakukan hal serupa,” pungkasnya.

Sementara itu, Ny. Dewi Sutan Riska, menyampaikan terimakasih kepada Ny. Bintang selaku anggota Oase yang sudah berkenan jauh-jauh berkunjung ke Dharmasraya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat lewat sosialisasi yang dilakukan.

“Semoga kunjungan ibu menteri dapat menambah pengetahuan dan merubah pola pikir masyarakat menjadi lebih baik lagi dalam menjaga kesehatan. Apalagi kesehatan adalah elemen penting yang akan mempengaruhi kualitas hidup seseorang,” tandas Dewi.

Pada kesempatan itu, Bintang juga menyerahkan bantuan alat kelengkapan cuci tangan untuk TK Aisyiyah dan juga sejumlah bantuan perlengkapan sekolah untuk anak-anak PAUD. Kemudian juga bantuan alat pemeriksaan IVA Test untuk puskemas.

Usai kunjungan, Istri Menteri Puspayoga beserta rombongan akan bermalam di Dharmasraya, sebelum melanjutkan kunjungan kerja berikutnya.

 

humas

LEAVE A REPLY