Home HEADLINE BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang, Gelar Sosialisasi Bersama IKW-RI

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang, Gelar Sosialisasi Bersama IKW-RI

221
0
SHARE

Padang, Target Sumbar– Begitu banyak manfaat dari kehadiran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bagi segenap para pekerja di tanah air. Disamping menjamin resiko kerja yang dialami, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan berbagai santunan bagi pesertanya seperti ; Jaminan hari tua, Jaminan Pensiun, Jaminan Kematian dan Jaminan Kecelakaan Kerja.Hanya saja masyarakat belum banyak yang mengetahui akan manfaat dari lembaga yang dulunya bernama Jamsostek ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Padang, Yuniman Lubis saat menggelar Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan dan Penggerak Jaminan Sosial Indonesia bersama Ikatan Keluarga Wartawan (IKW) di salah satu hotel di Kota Padang pada,Kamis (28/3).

“Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) sebanyak 2,2 juta pekerja di Sumbar hanya sekitar 22,28 persen pekerja yang baru terlindung dengan jaminan sosial. Untuk Kota Padang ada 779.883 pekerja, namun baru 314.363 pekerja yang ada jaminan sosial atau 40,34 persen, data tersebut menunjukkan masih minimnya keinginan masyarakat untuk mendaftarkan diri mereka ke BPJS Ketenagakerjaan disebabkan ketidaktahuan mereka.Untuk itu kami mengajak rekan-rekan dari media khususnya IKW agar bisa membantu kami dalam menyebarluaskan program ini,”ujar Yuniman.

Yuniman menambahkan begitu banyak kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan bagi pesertanya seperti menjamin selama 24 jam selagi peserta tersebut sedang dalam melakukan pekerjaannya dan para peserta langsung dijamin setelah peserta tersebut mendaftarkan diri alias tidak perlu menunggu berbulan-bulan apalagi bertahun-tahun.

“Hari ini peserta tersebut mendaftar di BPJS Ketenagakerjaan, apabila peserta tersebut baru saja keluar kantor usai pendaftaran dan mengalami kecelakaan, maka peserta tersebut sudah berhak mendapat santunan,tutur Yuniman.

Sementara itu ketua IKW, Hendrison SH sangat mengapresiasi program BPJS Ketenagakerjaan ini.Hendrison mengatakan,disamping kita menyebarluaskan program yang bagus ini,kita juga wajib mendaftarkan diri kita atau perusahaan media kita karena profesi yang dilakoni oleh para jurnalis sangat rentan akan resiko.

Senada dengan Hendrison, Dewan Pembina IKW Tafrizal Chaniago juga sangat mendukung program BPJS Ketenagakerjaan.Tafrizal juga memastikan bahwa seluruh anggota IKW akan didaftarkan jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Program ini sangat bagus,sangat bermanfaat, saya pastikan seluruh anggota IKW jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan secepat mungkin,”tegas Tafrizal. **

LEAVE A REPLY