Home BERITA TERBARU Bupati Yuswir Arifin Sampaikan Pesan Menyoal Separoh Hutan Sijunjung Rawan Bencana

Bupati Yuswir Arifin Sampaikan Pesan Menyoal Separoh Hutan Sijunjung Rawan Bencana

198
0
SHARE

Muaro Sjj, Target Sumbar – Separoh wilayah Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, kawasan hutan dan juga sangat rawan terhadap bencana. Baik itu kebakaran dan longsor.

“Nah, untuk itu diminta pada kita semua untuk Optimalkan koordinasi secara terpadu dalam menghadapi cuaca ekstrim,”kata Bupati Sijunjung Yuswir Arifin saat bertindak selaku pimpinan apel akbar pada Hari Kesiagaan Bencana ditingkat Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Jumat (26/4/2019) yanh dilaksanakan di Jalan M Yamin Muaro Sijunjung.

Disebutkan Yuswir Arifin, bahwa secara geografis, Sijunjung rawan bencana dan itu ada faktor, yakni penyebab alam. “Pengundulan hutan salahsatu menyebabkan terjadinya bencana alam. Termasuk masalah pemanasan global,”jelas bupati.

Untuk menangkal bencana, upaya tang dilakukan yakni pengurangan bencana dan tanggap bencana baik pra dan pasca bencana. “Kesiagaan semua pihak secara periodik dalam upaya pengurangan resiko bencana,”harus dilakukan,”tegas Yuswir Arifin.

Bahkan kata Bupati Yuswir Arifin, untuk atasi bencana Pemkab Sijunjung akan menyatukan OPD Damkar ke BPBD. “Saat ini Damkar nyatu dengan Satpol PP, sementara ketika terjadi kebakaran Damkar sejalan dengan BPBD. Nah, kedepanya BPBD dan Damkar menjadi satu OPD, yakni BPBD dan Damkar. Jadi, Satpol PP khusus untuk penanggulangan bencana,”jelas Bupati penerima Leadershif Award itu.

Kepala BPBD Sijunjung, Hardiwan,SP, mengakui bahwa armada yang dimiliki BPBD belum begitu optimal. “Ya, untuk sementara jadilah, soal cukup ya belum apa lagi dengan luas wilayah Sijunjung cukup luas,”jelasnya.

Apel akbar Hari Kesiagaan Bencana itu juga dilaksanakan pemeriksaan pasukan dilakukan Bupati Yuswir Arifin. Apel akbar tersebut diikuti unsur OPD terkait termasuk TNI-Polri. Usai acara Apel akbar Hari Kesiagaan Bencana digelar simulasi memadamkan kebakaran disaksikan Bupati Yuswir Arifin, Kajari Sijunjung, M Rizal, Dandim 0310/SS Letkol Inf Dwi Putranto,SAP,MIPol didampingi Kepala BPBD Sijunjung, Hardiwan,SP.

 

sijunjung.go.id

LEAVE A REPLY