Home BERITA TERBARU Peringatan HKG PKK ke 47 dan Pembukaan Jambore Kader PKK Tingkat Dharmasraya...

Peringatan HKG PKK ke 47 dan Pembukaan Jambore Kader PKK Tingkat Dharmasraya Berlangsung Meriah

249
0
SHARE

Pulau Punjung, Target Sumbar – Semarak dan meriah. Itulah yang tergambar dalam suasana acara pembukaan Jambore Kader PKK Berprestasi dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 47 Tingkat Kabupaten Dharmasraya, yang digelar di Halaman Kantor Bupati Dharmasraya, Selasa (30/04). Suasana tampak semakin heboh saat kontingen setiap kecamatan tampil dengan keunikannya masing-masing dalam Parade Nusantara yang digelar sebagai salah satu rangkaian kegiatan yang akan berlangsung hingga tanggal 2 Mei 2019 tersebut.

Ya, selama tiga hari ke depan, ratusan kader PKK utusan 11 kecamatan se Kabupaten Dharmasraya akan berada di Komplek Kantor Bupati Dharmasraya untuk mengikuti Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Kabupaten Dharmasraya Tahun 2019. Para kader ini akan menginap di kemah-kemah yang sudah dibuat oleh masing-masing kecamatan di lokasi acara, serta akan berkompetisi dalam sejumlah lomba yang akan dilaksanakan oleh panitia penyelenggara.

Dikatakan Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Ny. Dewi Sutan Riska, yang juga sekaligus sebagai Ketua Penyelenggara Acara, kegiatan jambore yang juga digelar bersamaan dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 47 itu mengangkat tema “Kita Tingkatkan Peranan TP PKK dalam Pencegahan Stunting Melalui 10 Program Pokok PKK untuk Mewujudkan Keluarga Sejahtera yang Mandiri, Maju dan Berbudaya.”

Dilaksanakannya kegiatan ini, sebut Dewi, merupakan wujud kebersamaan antar tim penggerak PKK dan para kader untuk saling berbagi pengalaman dan ilmu, yang dikemas dalam suasana keakraban dan kegembiraan, serta menciptakan ikatan kelembagaan yang kuat serta berdampak pada efektifitas pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Selain itu, sambung Dewi, kegiatan ini juga bertujuan untuk mencari kader-kader terbaik yang akan mewakili Kabupaten Dharmasraya pada Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2019 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Tanah Datar bulan Juli mendatang.

“Melalui momentum ini, saya juga ingin mengajak seluruh kader, dengan kesadaran dan kebersamaan, mari satukan tekad untuk menjadikan PKK sebagai barisan terdepan dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga, tulus ikhlas mengabdikan diri dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan daerah yang kita cintai ini,” ujar Dewi.

Sementara itu, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, saat membuka secara resmi acara tersebut, menyampaikan apresiasi dan mengaku bangga melihat antusias kader PKK dalam mengikuti kegiatan Jambore dan peringatan HKG PKK ke 47. Bupati berharap, antusiasme para kader dalam kegiatan ini juga adalah gambaran tingginya semangat para kader dalam ikut mewujudkan masyarakat yang sejahtera di Kabupaten Dharmasraya.

TP PKK sebut bupati, merupakan mitra kerja pemerintah yang menjadi ujung tombak dalam pembangunan dan memberdayakan masyarakat. PKK sebagai organisasi yang berhubungan langsung dengan keluarga memiliki andil yang sangat besar dalam membina dan memaksimalkan anggota keluarga melalui para kadernya. Karena keluarga merupakan pondasi awal dan modal dasar pembangunan serta keluarga sebagai lingkungan social pertama dalam kehidupan manusia. Dari keluargalah diharapkan dapat lahir generasi penerus bangsa yang dapat menerima dan meneruskan tongkat estafet pembangunan, khususnya di Kabupaten Dharmasraya.

“Maka dari itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, motivasi dan peran serta aktif tim penggerak PKK dan kader dalam pemberdayaan dan pembinaan masyarakat ke depan,” tukas bupati.

Kemudian, sekaitan dengan tema yang diangkat dalam kegiatan jambore dan peringatan HKG PKK ini, yakni “Kita Tingkatkan Peranan TP PKK dalam Pencegahan Stunting Melalui 10 Program Pokok PKK untuk Mewujudkan Keluarga Sejahtera yang Mandiri, Maju dan Berbudaya”, dikatakan bupati memang membutuhkan kolaborasi dalam mengatasi stunting di Kabupaten Dharmasraya.

“Untuk itu, melalui kesempatan ini, saya juga menghimbau segenap pihak terkait, baik Dinas Kesehatan serta pihak terkait lainnya, termasuk PKK, agar bersatupadu dalam mengatasi stunting di Kabupaten Dharmasraya,” pungkas bupati.

Di akhir sambutannya, bupati juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah ikut dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Dharmasraya. Dimana pemilu di Dharmaraya berjalan dengan lancar, tertib dan aman.

“Alhamdulillah, Dharmasraya adalah salah satu daerah terbaik dalam penyelenggaraan pemilu dengan partisipasi pemilih yang cukup tinggi. Untuk itu, saya ucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat. Sekarang lupakan 1 dan 2, ingat 3 saja,” ujar bupati mengisyarakatkan nomor 3 sebagai sila ke-tiga Pancasila, yakni Persatuan Indonesia. Bupati berharap, masyarakat tetap dapat menjaga persatuan dan kesatuan usai pemilu, meskipun mempunyai pilihan dan pandangan politik yang berbeda. (humas). Wahyudin.

LEAVE A REPLY