Home DHARMASRAYA Pemkab Dharmasraya Luncurkan Aplikasi SIGAP LINMAS

Pemkab Dharmasraya Luncurkan Aplikasi SIGAP LINMAS

141
0
SHARE

Pulau Punjung, Target Sumbar – Pemerintah Kabupaten Dharmasraya terus melakukan inovasi dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sebuah aplikasi berbasis internet kembali diluncurkan, namanya SIGAP LINMAS. Aplikasi ini diluncurkan oleh Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar).

Kepala Seksi Perlindungan Masyarakat Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Dharmasraya, Misbah Hulkhair, dalam acara launching aplikasi tersebut di Nagari Koto Laweh Kecamatan Koto Besar, Sabtu (15/06), memaparkan, aplikasi SIGAP LINMAS ini diluncurkan dalam rangka mengembangkan sumber daya perlindungan masyarakat (Anggota Linmas) di Kabupaten Dharmasraya.

Lewat aplikasi ini, sebut Misbah, anggota Linmas sebagai personel yang berada di bawah naungan Dinas Satpol PP dan Damkar diharapkan dapat lebih sigap dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan, khususnya dalam hal keamanan dan ketertiban.

Misbah menjelaskan, cara kerja aplikasi ini cukup sederhana. Dimana, jika ada warga yang butuh bantuan cukup membuka aplikasi kemudian menekan tombol panic buton yang merupakan fitur dalam aplikasi. Kemudian warga dapat mengirim laporan lewat aplikasi yang akan langsung terkoneksi ke admin, dalam hal ini anggota Linmas.

Setelah laporan diterima, imbuh Misbah, admin bisa mengetahui lokasi warga melalui fitur map yang sudah tersedia pada aplikasi, sehingga admin bisa mengetahui koordinat warga yang membutuhkan bantuan. Dengan demikian, admin yang dalam hal ini adalah anggota linmas dapat lebih cepat tanggap dalam memberikan bantuan pertama kepada warga yang membutuhkan bantuan.

“Sebagai langkah awal, kita menjadikan Nagari Koto Laweh sebagai pilot project aplikasi SIGAP LINMAS ini. Semoga ke depan, aplikasi ini bisa ditingkatkan dan dikembangkan ke seluruh nagari yang ada di Dharmasraya,” harap Misbah.

Sementara itu, Wali Nagari Koto Laweh, Rahman, dalam kesempatan tersebut menyampaikan terimakasih kepada Dinas Satpol PP dan Damkar yang sudah menjadikan Nagari Koto Laweh sebagai pilot project aplikasi SIGAP LINMAS.

“Dengan adanya aplikasi ini, tentu dapat mempermudah warga, khususnya Nagari Koto Laweh, dalam mendapatkan pelayanan keamanan dan ketertiban,” tukas Rahman.

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Koto Besar, Yusrisal. Ia berharap, aplikasi ini juga dapat ditularkan ke nagari-nagari se Kabupaten Dharmasraya, terkhususnya nagari nagari yang ada di Kecamatan Koto Besar. (humas)

Wahyudin.

LEAVE A REPLY