Home BERITA TERBARU Bupati Dharmasraya Usulkan Jalan Tol Dharmasraya Pesisir Selatan

Bupati Dharmasraya Usulkan Jalan Tol Dharmasraya Pesisir Selatan

151
0
SHARE

Pulau Punjung, Target Sumbar – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang akan dikembangkan di tiga kabupaten dalam Provinsi Sumatera Barat tampaknya bakal membawa berkah ke Kabupaten Dharmasraya. Paling tidak, Dharmasraya akan kebagian berkah pada pembangunan jalan tol yang akan menembus batas Kabupaten Dharmasraya, Solok Selatan dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Untuk memantapkan persiapan pelaksanaan KEK di tiga kabupaten itu, Menteri Pekerjaan Unum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Mulyono dikabarkan akan berkunjung ke Kabupaten Dharmasraya. “Kalau beliau jadi datang ke Dharmasraya, saya akan usulkan pembangunan jalan tol Pesisir Selatan, Solok Selatan dan Dharmasraya dimulai dari Padang Laweh,” kata Bupati Sutan Riska saat memberi sambutan pada acara halal bi halal di rumah gadang Kerajaan Padang Laweh belum lama ini.

Menurut Sutan Riska, KEK yang dipusatkan di Kabupaten Pesisir Selatan dengan koor sektor periwisata, akan berdampak positif bagi Kabupaten Dharmasraya. Sebab Kabupaten Dharmasraya bakal menjadi salah satu pintu gerbang masuknya turis lokal dan nasional ke Kabupaten Solok Selatan, Sijunjung dan Kabupaten Pesisir Selatan yang dikenal punya objek wisata eksotik kawasan Mandeh.

Kabupaten Dharmasraya yang juga memiliki potensi pariwisata, baik wisata sejarah, wisata petualangan, wisata alam dan agrowisata, termasuk fashion dan kuliner, akan berbagi rezeki dengan kabupaten yang memang sudah lama dikenal dengan keelokan pariwisatanya. “Saya mengharapkan budaya anak nagari Padang Laweh bisa mengisi peluang pariwisata yang muncul nantinya,” imbuh politisi PDI Perjuangan ini.

Padang Laweh merupakan kecamatan yang posisi geografisnya berbatasan langsung dengan Provinsi Riau. Potensi alamnya besar dan sebagian besar telah dimanfaatkan untuk perkebunan kelapa sawit. Punya akses ke Provinsi Riau dan memiliki sentra ekonomi perdagangan yang mampu menyedot putaran ekonomi daerah sekitarnya. Keberadaan pabrik CPO di sana bisa dikembangkan menjadi wisata agro yang potensial dan juga menjadi pusat pengembangan budaya lokal.

Itulah sebabnya, Bupati Sutan Riska terus membenahi infrastruktur di Padang Laweh, agar kecamatan itu bisa memanfaatkan peluang pengembangan ekonomi regional demi kesejahteraan rakyat. “Saya yakin niat baik kita ini bisa tercapai. Oleh karena itu kita semua agar terus berdoa agar niat baik kita ini bisa terwujud dan diridhoi Allah,” kata Rajo Koto Besar ini.(humas).

Wahyudin.

LEAVE A REPLY