Home BERITA TERBARU Kegiatan PLS Bagi Siswa Baru di SMPN 7 Sijunjung Tahun Ajaran 2019/2020,...

Kegiatan PLS Bagi Siswa Baru di SMPN 7 Sijunjung Tahun Ajaran 2019/2020, “Motivasi Peserta Didik”

186
0
SHARE

Sijunjung, TS – Tujuan dan bentuk kegiatan PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) bagi siswa baru hari pertama sekolah merupakan bagian dari agenda tahunan suatu lembaga sekolah. Bagi siswa baru di suatu sekolah, yang mana kegiatan pada hari pertama sekolah diisi dengan masa PLS.

Kita ketahui bersama, Siswa baru perlu mendapat pengarahan dan orienrtasi tentang lingkungan sekolah, baik lingkungan fisik maupun lingkungan manusia. Masa PLS harus diisi dengan kegiatan  yang bermanfaat, namun tetap dalam suasana gembira dan menyenangkan serta mempunyai nilai positif bagi segenap warga sekolah.

Kegiatan hari-hari pertama masuk sekolah atau “Pengenalan Lingkungan Sekolah“ bertujuan agar para siswa baru lebih mengenal kehidupan lingkungan sekolah, dapat segera menyatu dengan warga sekolah. Sehingga siswa dapat lebih cepat beradaptasi dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah dalam mengetahui hal dan kewajiban sebagai warga sekolah, serta mampu berperan aktif dan bertanggung jawab dalam kehidupan sekolah. Sebut Kepsek SMPN 7 Sijunjung, Amrizal, S.Ag. MM saat wawancara eksklusifnya dengan awak media ini, Selasa (16/07).

Upacara pembukaan latihan itu dibuka oleh wakil bupati, dengan melipatkan stokholder sijunjung. Antara lain Kodim 0310 Sijunjung-Sawahlunto dan Koramil 02 Sijunjung.

“Untuk pengenalan materi Wawasan Kebangsaan dan PBB (Peraturan Baris-Berbaris) bagi siswa-siswi baru, dipandu oleh Kodim dan Koramil”, sebutnya.

PBB adalah kegiatan yang harus dipelajari serta dilaksanakan oleh siswa, dimana siswa harus tahu dengan peraturan yang berlaku dalam kegiatan PBB. Disamping itu, tujuan pokok dari kegiatan ini adalah untuk membentuk, sikap, mental yang baik juga untuk menjadikan siswa yang disiplin serta bertanggung jawab. Sebut Amrizal.

“Polres Sijunjung juga dilibatkan pihak sekolah untuk membantu dalam pemaparan materi tentang perlakuan anak terhadap hukum, supaya siswa-siswi bisa sedikit mengerti tentang hukum, dan kita juga bekerjasama dengan unit PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak)”, sebutnya lagi.

SMPN 7 ini juga melibatkan Kwarcap sijunjung, yaitu sebagai pengenalan materi tentang pemahaman dasar pramuka. Selain itu juga melibatkan guru-guru yang berkompeten nan telah mengikuti beberapa diklat dan pelatihan.

Materi yang dipaparkan oleh guru-guru yang berkompeten tersebut terhadap siswa baru. Antara lain, pendidikan karakter, cara belajar efektif, tata krama peserta didik, pembinaan mental agama, kesadaran berbangsa dan bernegara serta pemanduan bakat siswa.

“Pendidikan siswa berkarakter ini salah satunya diterapkan dalam kepramukaan. Sebab kita sangat berharap agar dari awal para siswa baru sudah diberi pengetahuan tentang kepramukaan. Dengan tujuan materi kepramukaan yang dipelajari ini dapat membentuk siswa-siswa yang  berkarakter baik”, tutur Amrizal.

Wawasan Wiyata Mandala perlu dipahami, dihayati agar dapat dipraktekkan oleh segenap siswa sekolah dalam kehidupan yang nyata, sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan sekolah sebagai lingkungan pendidikan dan lingkungan masyarakat belajar yang kreatif.

Sedangkan untuk Tata Krama siswa, lanjutnya Amrizal, adalah penting untuk difahami peserta didik baru agar mereka memiliki sopan santun kebersamaan atau sopan santun dalam suatu aktualisasi nan dapat dilakukan melalui, yakni saling menghormati serta cara yang baik bergaul sesama teman, utamanya dilingkungan sekolah.

Acara ini nantinya akan ditutup oleh Kepala Dinas Pendidikan Sijunjung, Ramler. Selanjutnya kita akan mengundang motivator yaitu Bpk. Jenika Amdodi SH,MH. Pungkas Kepsek SMPN 7.

“Dimana nantinya, insyaAllah akan dihadiri sekitar 500 peserta yang terdiri dari orangtua siswa baru dan lainnya”. Terang Amrizal. (Danus).

LEAVE A REPLY