Home BERITA TERBARU Feri Mulyani: Peran Lintas Sektoral Dibutuhkan, Puskesmas di Kota Padang Harus Naik...

Feri Mulyani: Peran Lintas Sektoral Dibutuhkan, Puskesmas di Kota Padang Harus Naik Kelas

135
0
SHARE

PADANG, Target Sumbar – Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang Feri Mulyani mengharapkan setiap Puskesmas harus naik kelas dalam penilaian Tim Surveior Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

“Saat ini ada tiga Puskesmas dinilai yaitu, Puskesmas Lapai, Puskesmas Air Tawar dan Puskesmas Lubuk Buaya. Sebagai mana diketahui ada empat tingkatan penilaian, tingkat Dasar, Madya, Utama dan Paripurna. Puskesmas posisi Madya harus naik ketingkat Utama. Kalau bisa langsung Paripurna,” sebut Feri saat menjamu makan malam Tim Surveior Akreditas FKTP Kemenkes RI di Hotel Pangeran Beach, Rabu (24/07/2019).

Agar upaya naik kelas terwujud, menurut Feri, setiap Puskesmas harus mendapat dukungan lintas sektoral seperti Camat, Polsek, Babinsa, Lurah, Sekolah, PKK, RT RW dan masyarakat. “Kita menginginkan Puskesmas di Kota Padang naik kelas setiap penilaian. Oleh sebab itu, sinergitas lintas sektoral harus terjalin baik,” jelasnya.

Dihadapan Tim Surveior, Kepala DKK Kota Padang itu juga memaparkan sejumlah upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Padang untuk memberantas penyakit Deman Berdarah Dangue (DBD).

Upaya tersebut diantaranya, melalui Gerakan Serentak Serdadu Bundo (Gertak Serbu) Peduli DBD untuk memantau jentik nyamuk di rumah-rumah warga, sekolah, rumah ibadah dan kantor -kantor instansi. Gerakan ini juga kembali melibatkan lintas sektoral.

“Kita menginginkan Kota Padang ini jauh dari penyakit. Tentunya Puskesmas dan lintas sektoral serta semua pihak saling membantu demi tercapainya cita-cita mulia tersebut,” tutupnya.

Turut hadir Camat Padang Utara Editiawarman, pimpinan Puskesmas terkait, serta unsur Forkopimka setempat. (Muliadi).

 

LEAVE A REPLY