Home BERITA TERBARU Realisisasi Fisik dan Keuangan APBD Dharmasraya Tahun 2019 Capai 40,14 Persen

Realisisasi Fisik dan Keuangan APBD Dharmasraya Tahun 2019 Capai 40,14 Persen

155
0
SHARE

Pulau Punjung, Target Sumbar – Realisasi fisik dan keuangan APBD Kabupaten Dharmasraya tahun anggaran 2019 hingga 31 Juli menyentuh angka 40,14 persen dari total APBD Rp 1,019 triliun. Ini terungkap dari hasil pemaparan Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Dharmasraya, Marten Yunus, dalam kesempatan rapat RFK yang dipimpin langsung oleh Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Wakil Bupati, H. Amrizal Dt Rajo Medan, di Auditorium Dharmasraya, Rabu (31/07).

Dengan target capaian sebesar 59,38 persen dari total APBD, realisasi fisik dan keuangan APBD hingga akhir Juli mengalami deviasi sebesar 19,24 persen. Namun demikian, deviasi ini dinilai tidak begitu signifikan karena memang ada Dana Alokasi Khusus (DAK) yang tertumpang di beberapa perangkat daerah masih dalam proses pengerjaan. Diantara perangkat daerah yang menjadi penyumbang deviasi tertinggi yakni Dinas Kumperdag, Dinas Kominfo dan Dinas PUPR.

Kemudian, untuk realiasasi pengadaan barang dan jasa, diklaim Plt Kepala Bagian PBJ Setdakab Dharmasraya, Alber, hingga akhir Juli sudah ada 52 paket pekerjaan yang sudah selesai tender, dari 60 paket yang ditargetkan. Sementara untuk realiasi DAK, menurut Plh. Kepala Bagian Keuangan Daerah Kabupaten Dharmasraya, dari Rp 146 milyar DAK yang masuk ke daerah, sudah dilakukan transfer tahap pertama senilai Rp 33 milyar. Sedangkan untuk capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD), diakui pihak BKD hingga akhir Juli 2019 ini telah tercapai 46,44 persen.

Bupati Sutan Riska pada kesempatan tersebut meminta agar rapat evaluasi capaian kinerja yang dilaksanakan secara berkala tersebut dapat mendorong percepatan pelaksanaan pekerjaan di masing-masing perangkat daerah. Tidak hanya itu, bupati juga menekankan kepada seluruh perangkat daerahuntuk terus membenahi kualitas serapan anggaran agar terlaksana dengan efektif dan efisien.

“Karena ini akan berpengaruh terhadap opini WTP yang sudah kita capai selama empat tahun belakangan. Saya minta, kita semua tetap komit untuk mempertahankan WTP. Dengan demikian, perolehan dana insentif daerah (DID) kita juga bisa meningkat,” tukas bupati.

Selain itu, dalam kesempatan rapat tersebut bupati juga mengingatkan seluruh perangkat daerah, terkait sejumlah agenda yang akan dilaksanakan daerah dalam waktu dekat. Diantaranya Idul Adha, HUT RI ke 74, Pelantikan Anggota DPRD yang baru, serta festival pamalayu. Bupati meminta agar semua OPD mengoptimalkan seluruh persiapan agar sejumlah agenda yang akan dilaksanakan berjalan sukses dan maksimal.(Rls)*

LEAVE A REPLY