Home BERITA TERBARU Germas Padang Laweh Deklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan, Bupati Sutan Riska...

Germas Padang Laweh Deklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan, Bupati Sutan Riska Serukan Anti Plastik

136
0
SHARE

Pulaupunjung, Target Sumbar – Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) Kabupaten Dharmasraya dihelat di Nagari Muaro Sopan, Kecamatan Padang Laweh. Hadir Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Kadis Kesehatan dr. Rahmadian, Kadis PUPR Junaedi Yunus, KadinsosP3APPKB Bobby Perdana Riza, Asisten Pemerintahan dan Kesra M. Yusuf,Kepala Loka POM Dharmasraya Asriamto dan Camat Padang Laweh Yuherdi.

Germas kali ini ditandai dengan deklarasi “stop buang air besar sembarangan”. Walinagari Muaro Sopan Ari Asmanto, S.PSi,  sebagai ketua panitia melaporkan, masih banyak warga yang melakukan buang air besar sembaranga . Oleh karena itu sejak dibacakannya deklarasi diharapkan masyarakat tidak lagi melakukan buang hajat sembarangan.

Bupati Sutan Riska mendukung upaya tersebut. “Kalau mau sehat, lingkungan harus bersih,” katanya mengawali sambutan. Selain itu, bupati termuds Indonesia itu juga mencanangkan gerakan anti plastik.  “Ke depan kita tidak memakai plastik lagi untuk membungkus makanan, tapi dengsn daun,” kata Sutan Riska.

Germas di Kecamatan Padang Laweh dimeriahkan dengan bazar kuliner yang diselenggarakan oleh kader PKK dsn juga Kader Posyandu menyajikan aneka panganan lokal. Ada juga bazar bahan pangan yang digelar oleh Dinss Pertanian menyediakan beras, telur dan minyak goreng. Dinss Kesehatan sendiri menggelar pemeriksaan kesehatan grstis dengslan menurunkan dokter spesialis dari RSUD Sungai Dareh.

Layanan penunjang juga dihadirkan, seperti layanan bayar pajak oleh Samsat, layanan donor darah oleh PMI, Layanan KTP elektronik dari Disdukcapil dan banyak layanan penunjang yang dibuka oleh instansi terkait. Yang pasti, Bupati Sutan Riska mengajak semua lapisan masyarakat agar terus melaksanakan prinsip hidup.sehat, sehingga penyakit tidak bersayam di tubuh. (rls/whydn)

LEAVE A REPLY