Home BERITA TERBARU Wabup H. Amrizal Dt. Rajo Medan Buka Acara Forum Pemantapan Wawasan Kebangsaan

Wabup H. Amrizal Dt. Rajo Medan Buka Acara Forum Pemantapan Wawasan Kebangsaan

153
0
SHARE

Pulaupunjung, Target Sumbar – Wakil Bupati Dharmasraya H. Amrizal Dt. Rajo Medan membuka acara forum peningkatan wawasan kebangsaan yang diselenggarakan oleh Kantor Kesbangpol Dharmasraya, di Auditorium Dharmasraya, Selasa (15/10). Kegiatan yang turut dihadiri jajaran pejabat Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat itu diikuti oleh Bamus, KAN, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat, Wali Nagari serta kalangan generasi muda dari berbagai jenjang pendidikan di Dharmasraya. Serta turut pula hadir Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Perangkat Daerah dan para camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya.

Wabup dalam sambutannya menyampaikan, ada beberapa hal yang melatarbelakangi diselenggarakannya kegiatan ini. Pertama, sebut wabup, fenomena bahwa kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara di Indonesia secara alamiah mengalami suatu pergeseran atau perubahan yang signifikan dari semua sendi kehidupan.

Kedua, imbuh wabup, bahwa heterogenitas dan keragaman bangsa merupakan suatu keniscayaan yang diciptakan Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian, ketiga, tercabutnya nilai-nilai religius dari akar budaya bangsa sehingga orang ingin serba instan, tidak sabar pragmatis materialistis individualis sampai pada tingkat krisis kemanusiaan.

“Maka dari itu, kegiatan forum pemantapan wawasan kebangsaan ini penting untuk memberikan pemahaman menguatkan rasa nasionalisme menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan, menyegarkan kembali pemahaman terhadap empat pilar kehidupan berbangsa, serta untuk meredam berkembangnya penonjolan sikap primordialisme, kesukuan kedaerahan dan mencegah integrasi,” ujar wabup.

Kepada semua peserta, wabup meminta untuk mengikuti acara ini dengan seksama, agar materi yang disampaikan benar-benar dipahami dengan baik. Sehingga wawasan dan pengetahuan yang diperoleh lewat acara ini dapat disebarluaskan kepada masyarakat di lingkungan masing-masing untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. (**)

LEAVE A REPLY