Home BERITA TERBARU Dua Iven Besar di Dharmasraya Diharapkan Dongkrak Pariwisata

Dua Iven Besar di Dharmasraya Diharapkan Dongkrak Pariwisata

139
0
SHARE

Pulaupunjung, Target Sumbar – Kabupaten Dharmasraya ibarat raksasa yang baru bangun tidur di bidang kepariwisataan. Bupati muda yang mencoba membangunkan si raksasa, ternyata mendapati betapa besar potensi kepariwisataan yang ada di Dharmasraya. Kini dengan lahirnya Kabinet Indonesia Maju, Bupati Sutan Riska akan mengkonekkan, sektor kepariwisataan Dharmasraya  dengan program kerja Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang dipimpin Menteri Wishnutama.

Untuk membangun sektor kepariwisataan, Pemkab Dharmasraya dengan sentuhan tangan dingin Bupati Sutan Riska dan Wabup Amrizal Dt. Rajo Medan, tengah menggelar dua iven besar. Pertama Festival Pamalayu dan Kedua Tour de Singkarak. Dua iven besar ini diharapkan mampu melambungkan nama Kabupaten Dharmasraya untuk menarik wisatawan.

Meski diawal awal pelaksanaannya masih belum menampakkan dampak kunjungan wisata, setidaknya iven seperti Festival Pamalayu yang dilaksanakan sepanjang 3 bulan terakhir ini, dapat sedikit menggerakkan gagasan untuk menggarap ekonomi kreatif. Banyak muncul usaha dadakan terkait dengan fashion. Berbagai produk kaus sablonan laris manis dijual oleh masyarakat.

Itu belum termasuk bangkitnya minat usaha di sektor informal. Tidak sedikit pedagang dadakan yang buka di sekitar lokasi yang digunakan untuk pagelaran Festival Pamalayu. “Saya pikir kalau baru pertama saja kita lakukan sudah mampu memberikan semangat untuk membangun bisnis kreatif, untuk selanjutnya akan lebih baik lagi tentunya,” kata Bupati Sutan Riska.

Dia berharap, iven Tour de Singkarak dapat juga menjadi ajang bisnis kreatif seperti halnya Festival Pamalayu. “Ayo, BUMNag yang kemarin cetak kaus Festival Pamalayu, buat juga kaus Tour de Singkarak. Ini peluang bisnis yang besar. Kita gerakkan kembali kreasi kita untuk menggarap ini,” Imbuh.bupati termuda di Indinesia ini.

Sambil menunggu diplomasi wisata dan ekonomi kreatif yang dilancarkan Bupati Sutan Riska dan seluruh pimpinan OPD di Dharmasraya, ada baiknya UKM di Dharmasraya memaksimalkan penggarapan peluang ekonomi kreatif untuk menopang perekonimian daerah di sektor kepariwisataan.**rls

LEAVE A REPLY