Home BERITA TERBARU Dihadiri Seluruh Kepala SKPD, Pemko Bukittinggi Laksanakan SPBE

Dihadiri Seluruh Kepala SKPD, Pemko Bukittinggi Laksanakan SPBE

29
0
SHARE

Bukittinggi, Target Sumbar – Dalam melaksanakan pelayanan prima pada masyarakat dan adanya kerjasama antara Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Pemko Bukittinggi lasanakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Sebagai tanda dimulainya sitem yang baru ini, dilaksanakan penandatanganan komitmen oleh semua SKPD di lingkungan pemerintahan Kota Bukittinggi di rumah Dinas Walikota.

Selain dihadiri oleh seluruh kepala SKPD, pada kesempatan itu juga disaksikan oleh seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forlopimda) Kota Bukittinggi dan beberapa pihak terkait lainnya.

Penandatanganan sendiri diawali oleh Walikota Bukittinggi, Wakil Walikota serta Sekretaris daerah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (kominfo), Novri. MPd pada kesempatan itu menjelaskan, kalau pelaksanaan sistem yang baru ini merupakan amanat undang-undang tentang pemerintahan.

Sebagai sebuah yang baru di lingkungan pemerintahan, maka diharapkan percepatan pelaksanaan SPBE ini di Bukittinggi.

Setidaknya, sebanyak 37 indikator harus dilaksanakan untuk menjalankan SPBE ini, maka tidak bisa hanya dilaksanakan oleh satu bidang atau SKPD  dan untuk itu perlu dilakukan dan didukung oleh semua SKPD yang ada.

Sehingga, kerjasama antar SKPD dan informasi juga bisa dilaksanakan termasuk penyampaian laporan tentang pemerintahan pada piminan daerah.

Pada malam yang sama, Walikota Bukittinggi juga melounching beroperasinya Bukittinggi Command Center (BCC) yang berpusat di Balaikota Bukittinggi. Dengan adanya tempat ini, maka setiap sudut Kota Bukittinggi bisa dipantau di tempat ini.

Berdirinya BCC ini kata Kadis Kominfo, Novri, MPd, adalah atas dasar melihat salah satu visi Kota Bukittinggi, yaitu sebagai Kota Perdagangan dan jasa, termasuk Kota Pariwisata adalah hal yang mendasari berdirinya BCC ini.

Setidaknya, sebanyak 15 monitor dengan kapasitas komputer yang tinggi, setiap kegiatan dan pergerakan di dalam Kota bisa dipantau, seperti kondisi lalulintas di dalam kota. Perkembangan teknologi ini yang terus dilakukan untuk ditingkatkan, semata-mata demi memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat.

Senada dengan itu, disampaikan oleh Walikota Bukittinggi, M Ramlan Nurmatias. SH, untuk mencapai kamera atau rekaman terbaik, Pemko Bukittinggi juga memasang CCTV di dalam kota dengan kualitas terbaik juga, sehingga gambar yang dihasilkan juga tetap jelas dan tidak pecah.

Dikatakannya, Untuk tenaga IT juga sudah dipersiapkan sesuai dengan bidangnya.

” Dengan adanya BCC ini, keamanan dan kenyamanan dalam kota bisa ditingkatkan. Seperti, dalam uji coba pelaksanaannya, pihak Kepolisian dari Polres Bukittinggi beberapa waktu lalu juga sudah memanfaatkan sistem ini untuk melacak keberadaan pencurian kendaraan bermotor yang hasilnya, pelaku bisa diringkus,” pungkas Walikota.**

LEAVE A REPLY