Home BERITA TERBARU Kec. Padang Utara Gelar MTQ di Shelter Tsunami

Kec. Padang Utara Gelar MTQ di Shelter Tsunami

121
0
SHARE

Padang, Target Sumbar – Kecamatan Padang Utara Kota Padang, memang tampil beda. Pasalnya, mereka menggelar kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tidak seperti biasa yang diadakan kebanyakan orang selama ini.

Ya, mereka mengadakan kegiatan MTQ ke-39 tingkat Kecamatan Padang Utara di gedung tempat penampungan sementara warga dari ancaman tsunami (shelter tsunami) di Kelurahan Ulak Karang Utara.

“Di sinilah keunikan penyelenggaraan MTQ di Kecamatan Padang Utara ini. Shelter tsunami pun bisa mereka manfaatkan. Salut kita sama panitia,” puji Walikota Padang yang diwakili Asisten I bidang pemerintahan, Edi Hasymi ketika membuka kegiatan MTQ ke-39 Kecamatan Padang Utara di Kelurahan Ulak Karang Utara, Jumat (13/3/2020) malam.

Turut hadir sejumlah pejabat, seperti anggota DPD-RI, Leonardy Harmaini, Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Arnedi Yarmen, Kakan Kemenag Kota Padang, Marjanis, Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Padang, Wardas Tanjung, Kabag Kesra Pemko Padang, Amriman M, Kasi Pontren Kemenag Kota Padang, Hendri Yazid, Camat Padang Utara, Fajar Sukma, Lurah Ulak Karang Utara, Bambang Ardius Cahyo dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah seperti yang disampaikan Asisten I, Edi Hasymi menekankan pentingnya menanamkan nilai-nilai qur’ani kepada setiap keluarga muslim sejak usia dini.

“Pelaksanaan MTQ ini merupakan salah satu motivasi bagi anak-anak kita untuk gemar belajar membaca Al-Qur’an dan mengaplikasikan dalam kehidupan mereka nantinya. Jadi bukan kegiatan serimonial belaka,” ucap walikota mengingatkan.

Hal senada juga disampaikan Ketua Harian LPTQ Kota Padang, Wardas Tanjung.

“Tujuan kegiatan MTQ ini selain penanaman nilai-nilai Al-Qur’an kepada generasi muda kita sekaligus ajang seleksi untuk mencari bibit-bibit qori dan qori’ah yang berbakat. Dengan kemampuannya itu bisa mengharumkan nama daerah khususnya Kota Padang pada MTQ tingkat Provinsi Sumbar maupun nasional nantinya,” tutur Wardas berharap.

Sementara Camat Padang Utara, Fajar Sukma dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan MTQ kali ini diikuti sebanyak 224 total kafilah dari tujuh kelurahan se-Kecamatan Padang Utara.
Para kafilah tersebut akan berlomba memperebutkan gelar terhormat dari enam cabang yang dilombakan.

Kegiatan serimonial pembukaan MTQ Kecamatan Padang Utara itu ditandai dengan pemukulan beduq oleh sejumlah pejabat secara serentak dan dilanjutkan penyerahan tropi bergilir juara umum dari Lurah Lolong Belanti, Rini kepada Camat Padang Utara untuk kembali diperebutkan. Kegiatan MTQ tersebut berlangsung hingga Minggu (15/3/2020) besok. (noa).

LEAVE A REPLY