Home BERITA TERBARU Generasi Muda Lebih Mendalami Isi dan Kandungan Alquran

Generasi Muda Lebih Mendalami Isi dan Kandungan Alquran

21
0
SHARE

Padang, Target Sumbar – Meski hujan tak menyurutkan animo masyarakat Kuranji mengikuti pembukan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) Ke 39 tingkat Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Bertempat di Halaman Masjid Raya Balai Baru, Kelurahan Gunung Sarik, Kota Padang, Rabu (18/03/2020) Malam.

Dalam sambutannya ketua panitia pelaksana MTQ ke 39 tahun 2020, M. Fikar Datuak Rajo Magek, S. Ag, MM, M. Pd acara ini berlangsung sampai tanggal 20 Maret 2020 diikuti 9 Kelurahan dengan 225 peserta.

Sementara cabang yang dilombakan adalah:

– Cabang Tilawah Anak – anak.

– Cabang Tilawah Remaja.

– Cabang Tilawah Dewasa.

– Cabang Tilawah TK.

– Cabang Tartil Dasar.

– Cabang Tartil Menengah.

– Cabang Tartil Umum.

– Cabang Tahfiz 1 Juz Tilawah.

– Cabang Tahfiz 1 Juz Non Tilawah.

– Cabang Musabaqah Syahril Qur’an.

– Cabang Fahmil Qur’an.

– Cabang Khutbah Jum’at dan Adzan.

Dengan Pelaksana MTQN ke 39 Tingkat kecamatan Kuranji ini siap menjadi yang terbaik dan bertekat menjadi juara umum pada MTQ tingkat kota padang, yang insyallah akan di laksanakan Juni ini di Kecamatan Kuranji, peran milineal muda dalam mencintai Al quran saat ini menjadikan momentum kita menciptatakan generasi cinta Al-quran, ujarnya.

Ketua MPA Pauh IX Kuranji Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM mengatakan, seleksi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) pelajar ke-39 tahun 2020 Kelurahan Gunung Sarik, Kecamatan Kuranji diharapkan menjadi pemacu dan penyemangat untuk terus belajar, berlatih serta mengasah kemampuan hingga maksimal.

Terutama belajar dalam membaca, mengkaji, dan memahami Al-Qur’an. Jangan lupa yang paling penting dari itu semua, adalah mengamalkan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan pribadi, keluarga, maupun bermasyarakat, tuturnya.

Selain itu,  Irwan Basir menyampaikan, MTQ ke 39 tahun 2020 di Kelurahan Gunung Sarik menjadi momentum peningkatan kesadaran dan pema­haman akan Nilai – nilai yang terkan­dung dalam Al-Qur’an sasaran yang hendak dicapai untuk mendorong masyarakat, generasi muda dan pelajar rajin memper­dalam isi kandungan Al-Qur’an.

Ini merupakan salah satu wujud dari Misi Kementerian agama yaitu meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama, melalui seleksi di Kelurahan sampai tingkat Kota Padang maupun tingkat Sumatera Barat diharapkan dihasilkan bibit siswa yang berprestasi untuk maju di tingkat nasional.

Lebih dari itu di hadapan peserta dan pendamping, pelaksanaan MTQ ke 39 ini diharapkan men­jadi implementasi dari pembangunan masyarakat menuju terwujudnya Kecamatan Kuranji sebagai daerah yang maju dan akhlakul karimah yang berlandaskan Al-Qur’an, tuturnya.

“Lebih lanjut Irwan Basir juga menyampaikan seleksi ini untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,  mempererat ukhuwah Islamiyah melalui pemasyarakatan Al-Qur’an pada lingkungan pelajar dan generasi muda, serta meningkatkan prestasi khususnya bidang pengembangan Tilawah, Tartil Qur’an.

Pelajar sebagai generasi muda bangsa harus dibekali, dibentengi dengan pemahaman dan pengetahuan kandungan Al-Qur’an dengan MTQ akan memperluas dan meningkatkan syiar Islam dalam rangka membangun dan memperkokoh ukhuwah islamiah.

“Mempersiapkan generasi muda Qur’ani yang tidak hanya handal dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi juga memiliki kadar keimanan dan ketaqwaan yang tinggi, ujarnya.

Dalam sambutannya Camat Kuranji, Eka Putra Bahari mengungkapkan melalui MTQ ke 39 tahun 2020 ini dapat kira menjadikan Kecamatan Kuranji menjadi yg terbaik di MTQ Tingkat Kota Padang nantinya, seluruh elemen masyarat telah sepakat dan mendukung karena Kuranji pilot proyek pelaksanaan “Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah”.

Saya mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah ikut serta mensukseskaan acara ini. Sehingga terlaksana acara pembukaan ini dengan meriah dan sukses di hadiri seluruh elemen masyarakat yang ada di Kecamatan Kuranji ini, ujarnya.

Sementara itu, Walikota Padang yang diwakili asisten 1 Edi Hasmi mengapresiasi MTQN ke 39 tingkat Kecamatan Kuranji ini semoga Kuranji bisa menjadi juara umum pada MTQN tingkat Kota Padang yang akan datang.

Mewakili Walikota Padang Edi Asmi secara resmi membuka MTQ ke 39 Tahun 2020 Kecamatan Kuranji yang didampingi oleh Ketua MPA Pauh IX Irwan Basir Datuak Alam, SH, MM, Ketua pelaksana MTQ ke 39, M. Fikar Datua Rajo Magek, S.Ag, MM, M.Pd, Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Barat Evi Rajo Budiman serta anggota DPRD Kota Padang, Zulhardi Latif, Zulhadi dan Salisma Camat Kuranji, serta para tamu undangan lainnya. (dd).

LEAVE A REPLY