Home BERITA TERBARU Ini Kata Kepedulian Paryanto SH, “DPRD dan Pemkab Dharmasraya Bahas Point Penting...

Ini Kata Kepedulian Paryanto SH, “DPRD dan Pemkab Dharmasraya Bahas Point Penting Menangani Covid-19”

197
0
SHARE

Pulaupunjung, Target Sumbar – Rapat antara Badan Anggaran (DPRD) dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Dharmasraya dalam pembahasan tentang pencegahan dan penanggulangan Covid 19, berlangsung alot.

Dalam rapat ini diantaranya membahas beberapa point penting yakni :

  1. Penanggulangan dalam rangka memutus rantai sebaran Covid 19 di Kabupaten Dharmasraya, dengan cara melakukan pengawasan di daerah perbatasan provinsi dan usulan karantina lokal bagi masyarakat Dharmasraya nan melakukan perjalan dari luar daerah yang pandemi.
  2. Memperhatikan ketersedian APD bagi tenaga medis, obat obatan di fasilitas kesehatan.
  3. Dampak covid 19 terhadap perekomonian masyarakat tidak hanya saat ini, tapi dampak sosial ekonomi kedepannya. Karenanya, pemerintah daerah akan menghitung anggaran yang dibutuhkan untuk pemberian bantuan langsung. Yakni dengan prediksi sekitar 70 milyar yang akan di rasionalisasikan dari APBD. Setelah ada data yang jelas dan terverifikasi terkait jumlah masyarakat yang terdapak sosial ekonomi.
  4. Pengawasan dana covid 19 yang rawan penyalahgunaan, untuk itu agar berpedoman pada ketentuan dan pengawasan yang ketat terkait penyalurannya.
  5. Memastikan bahwa pabrik di Kabupaten Dharmasraya tidak tutup, karena perekomian masyarakat tergantung dari hasil penjaualan karet dan sawit mereka ke pabrik.

Kepada Awak media ini Ketua DPRD  Dharmasraya Paryanto SH dari Partai PDI Perjuangan, usai Rapat mengatakan, di tengah kondisi bangsa yang sedang menghadapi kesulitan akibat mewabahnya virus corona, maka dukungan dari DPRD sebagai salah satu elemen penting dalam pembuat regulasi, sangat diperlukan.

“Kita posisinya sebagai DPRD, sepakat bahwa apapun konsekwensinya dalam kondisi sulit seperti ini, pemerintah membutuhkan support untuk melegitimasi apa yang dilakukan. Baik supporting secara regulasi dan lain sebagainya, itu perlu kita lakukan secepat mungkin,” tutur Paryanto.

Menurutnya, seluruh pembahasan di DPRD mengenai langkah pemerintah dalam menanggulangi wabah virus Corona Covid-19, harus sepenuhnya didukung.

“Selain kita akan fokus pada penanganan wabah virus Covid-19 ini, DPRD juga akan mencari formulasi untuk membantu pemerintah mengatasi dampak-dampak wabah Corona, terutama dampak sosial ekonominya”, tukas ia.

Kepada masyarakat luas, Paryanto berpesan, “Mari bersama  kita lawan virus corona ini, salah satunya dengan cara selalu mencuci tangan dengan sabun sehabis memegang sesuatu benda, terutama ketika berada diluar rumah. Jika tidak ada sabun, handsanitizer wajib kita pakai”, sebut Paryanto.

Usahakanlah selalu membawa cairan itu ke mana pun kita pergi. Selanjutnya, dengan menggunakan masker penutup wajah, juga sangat membantu melawan virus corona. Sebab saat kita berada di ruang publik atau berhadapan dengan orang yang tidak di kenal. Maka penggunaan masker dapat menghindari kita dari droplet atau percikan liur lawan ketika berbicara, apalagi bila lawan bicara tersebut terpapar virus corona, sebutnya lagi.

Baca Juga :

Lawan Covid-19, DPRD Dharmasraya Sumbangkan Dana Pribadi dan Perjalanan Dinas

“Semoga virus Corona ini cepat dapat berlalu dan bisa dibasmi secara bersama. Kepada masyarakat tetaplah ber do’a, jagalah kesehatan dan kebersihan”, tutur Ketua DPRD Paryanto SH, menyudahi wawancaranya dengan awak media ini.

Oleh masyarakat Kabupaten Dharmasraya, Paryanto SH dikenal memiliki rasa kepedulian yang cukup tinggi kepada setiap warga. (Red).

LEAVE A REPLY