Home BERITA TERBARU Lakukan Penggeledahan, Senator AS Diselidiki FBI

Lakukan Penggeledahan, Senator AS Diselidiki FBI

34
0
SHARE

FBI melayangkan surat perintah penggeledahan kepada pengacara Senator AS Richard Burr, sehubungan dengan penjualan saham yang dilakukan Burr sebelum penurunan tajam pasar yang dipicu oleh pandemi virus corona.

Seorang pejabat senior Departemen Kehakiman mengatakan pada hari Kamis FBI tidak melakukan penggerebekan, tetapi melakukan kunjungan ke rumah senator untuk mengambil ponselnya, dan surat perintah itu diperoleh dari pejabat tinggi Departemen Kehakiman, menurut laporan Reuters, 15 Mei 2020.

Los Angeles Times adalah yang pertama kali melaporkan penyitaan pada hari Rabu. Seorang pejabat penegak hukum mengatakan kepada Los Angeles Times bahwa Burr menyerahkan teleponnya setelah agen FBI melayangkan surat perintah penggeledahan di rumahnya di wilayah Washington.

Telepon itu diserahkan setelah surat perintah diberikan kepada pengacara Senator Republik North Carolina itu, kata pejabat itu. Penggunaan surat perintah itu telah ditandatangani di tingkat tertinggi Departemen Kehakiman, seperti protokol, menurut sumber, dikutip dari CNN.

Ponsel iPhone Burr adalah bukti utama investigasi dan penyelidik telah meminta Apple untuk informasi dari iCloud Burr, menurut seseorang yang akrab dengan penyelidikan.

Penyelidikan digelar setelah Burr diduga mencari untung dari informasi yang ia peroleh dalam briefing tertutup tentang penyebaran virus corona.

Burr, yang memimpin Komite Intelijen Senat AS, dikabarkan telah menjual saham hingga US$ 1,7 juta (Rp 25,3 miliar) pada Februari setelah ia menerima rapat tertutup tentang virus corona sebelum pasar saham anjlok karena wabah.

Dia telah membantah melakukan kesalahan dan mengatakan dia melakukan perdagangan hanya berdasarkan informasi publik, bukan informasi yang dia terima dari komite. Dia juga meminta Komite Etik Senat untuk meninjau penjualan sahamnya setelah dipublikasikan.

Beberapa senator lain dari kedua partai juga menjual dan membeli saham menjelang penurunan pasar yang diakibatkan oleh pandemi ini, meskipun tidak jelas siapa lagi yang mungkin akan ditinjau oleh Departemen Kehakiman.

Ponsel iPhone Burr adalah bukti utama investigasi dan penyelidik telah meminta Apple untuk informasi dari iCloud Burr, menurut seseorang yang akrab dengan penyelidikan.**

LEAVE A REPLY