Home BERITA TERBARU Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 59 Digelar Secara Virtual

Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 59 Digelar Secara Virtual

71
0
SHARE

Pulaupunjung, Target Sumbar – Upacara peringatan Hari Pramuka tingkat Kwartir Cabang Dharmasraya tahun ini dilaksanakan berbeda. Sebagai bentuk upaya pencegahan Covid-19, upacara digelar secara virtual dari Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya, Jum’at (14/08/2020).

Peringatan Hari Pramuka ke 59 tahun ini mengangkat tema “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara.”

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang, saat membacakan sambutan tertulis Ketua Kwartir Nasional mengatakan, tema tersebut adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia, bahkan di seluruh dunia juga mengalaminya.

Meskipun gerakan pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan non formal, kata Bupati, namun Pramuka tetap aktif untuk melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial dan pembangunan masyarakat.

Anggota Pramuka, menurutnya, betul-betul melaksanakan kehormatan gerakan Pramuka untuk dapat menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri serta ikut membangun masyarakat melalui kegiatan bakti sosial.

“Kegiatan yang dilaksanakan Pramuka selama ini merupakan bagian dari pendidikan karakter untuk menumbuhkan kaum muda yang memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, peduli, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa,” ujar bupati.

Anggota Pramuka, lanjut bupati, selalu menepati janjinya yang antara lain mengatakan, “Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan negara kesatuan Republik Indonesia.

“Untuk itu kita berharap Pramuka tetap menjadi generasi penerus bangsa dalam upaya bela bangsa dan negara,” tandas bupati.

LEAVE A REPLY