Home BERITA TERBARU Fasilitasi Secara Gratis Pembuatan KIA Untuk 560 Anak

Fasilitasi Secara Gratis Pembuatan KIA Untuk 560 Anak

86
0
SHARE

Pulaupunjung, Target Sumbar – Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Anugerah yang berada di Jorong Koto Tuo Nagari Siguntur Kecamatan Sitiung, terus menunjukkan eksistensinya sebagai komunitas ramah anak di Kabupaten Dharmasraya. Senin (31/08/20), atas bantuan fasilitasi TBM Anugerah, sebanyak 560 anak di Kanagarian Siguntur resmi memiliki Kartu Identitas Anak (KIA), yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatan Sipil.

KIA ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya, Marius. Penyerahan KIA ini juga berlanjut dengan penyerahan piagam penghargaan oleh Dinas Dukcapil kepada TBM Anugerah, karena menjadi komunitas pertama di Dharmasraya, bahkan mungkin di Indonesia, yang memfasilitasi pembuatan KIA untuk anak-anak secara gratis. Piagam tersebut diserahkan oleh Sekretaris Dinas Dukcapil, Rudy Aldrin kepada pendiri TBM Anugerah, Alpa Edison Nur.

Sejak resmi berdiri pada tahun 2017, TBM Anugerah memang cukup getol dalam mendukung berbagai program pemerintah, dalam upaya perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak, melalui berbagai kegiatan. Termasuk dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional dan Hari Kemerdakaan RI ke 75 tahun 2020, TBM Anugerah kembali membuat aksi dengan menggelar acara Loka Karya tentang Peran Orangtua dalam Perlindungan Anak Disaat Pandemi Covid-19. Sehingga tidak mengherankan jika TBM Anugerah juga menjadi TBM pertama dan satu-satunya di Kabupaten Dharmasraya yang mendapat sertifikat Taman Bacaan Ramah Anak dari pemerintah daerah. Sertifikat tersebut diserahkan dalam kesempatan yang sama oleh Kepala Dinas Sosial P3APPKB Kabupaten Dharmasraya, Bobby Perdana Riza kepada Ketua TBM Anugerah, Alpa Edison Nur.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya, Marius, yang hadir mewakili bupati untuk membuka acara loka karya tersebut, menyampaikan ikut bangga dengan TBM Anugerah yang menjadi satu-satunya TBM Ramah Anak di Dharmasraya. Ia berharap, hal ini dapat mendorong TBM Anugerah untuk terus berkiprah dan ikut berkontribusi dalam mendukung program-program pemerintah, khususnya di bidang anak.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama Marius juga berpesan kepada para orangtua untuk mengawasi dan lebih memperhatikan anak di masa pandemi ini. “Apalagi di masa ini sekolah dengan metode daring membuat anak-anak sering menggunakan handphone untuk belajar, sehingga diperlukan perhatian lebih dari kita para orangtua untuk mengontrol mereka,” pungkasnya.

Adapun, loka karya yang turut didukung oleh P2TP2A Puti Bunsu dibawah pimpinan Puti Intan Dewi ini diikuti oleh Kepala Jorong, Ketua TP PKK Jorong, lembaga nagari dan Forum Anak Nagari Siguntur.

LEAVE A REPLY