Home BERITA TERBARU Tingkatkan Mutu Pendidikan di Tengah Pandemi, MTsM Bukik Kanduang Lakukan Pelatihan E...

Tingkatkan Mutu Pendidikan di Tengah Pandemi, MTsM Bukik Kanduang Lakukan Pelatihan E Learning

203
0
SHARE

Kab. Solok, TARGETSUMBAR.NET – Dalam rangka meningkatkan Mutu Pendidikan. Kali ini MTs Mardhatillah Bukit Kandung, Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat ( Sumbar ) mengadakan Pelatihan E – Learning Madrasah bagi Guru yang bertempat di MTs Mardhatillah Bukit Kandung, Kamis (28/01/2021).

Suhanda, SPd.i  dengan didampingi pengawas Ulil Amri, S.Pd,MM mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan serta menumbuhkan inovasi pembelajaran bagi para guru. Meski kegiatan ini dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19, namun kami tetap mengikuti atau patuh protokol kesehatan ( prokes ).

Dalam wawancara ekskulsifnya dengan media ini, beliau juga mengatakan bahwa sejak pandemi Covid – 19, aktifitas pembelajaran di MTs Mardhatillah Bukit Kandung, tetap berjalan dengan baik dengan memanfaatkan beberapa media secara daring

Sementara itu, Kepala Sekolah Elda Wirna. S. Pd yang dikenal murah senyum oleh para guru MTs Mardhatillah Bukit Kandung, menuturkan, dengan adanya pelatihan tersebut. E – Learning Madrasah yang pada hakikatnya adalah memberikan wadah bagi guru dan siswa dalam rangka pengembangan wawasan pembelajaran, sebut ia.

Ia juga mengemukakan, sifat yang harus dimiliki oelh setiap guru di era tatanan baru ini ialah antara lain. 1. Critical Thinking, yakni guru harus mengkritik diri masing – masing dan menciptakan murid yang aktivis. 2. Creative (kreatif), yakni guru harus berinovasi dan menciptakan kreativitas.

Communication (komunikasi), yakni Guru harus menjalin komunikasi baik antar guru maupun dengan orang tua murid. Kolaborasi, yakni Guru harus memiliki kerja sama dan kolaborasi yang baik dengan guru lainnya, dan ditutup oleh Responsible (tanggung Jawab), yakni Guru harus memegang teguh tanggung jawab sebagai tenaga pendidik.

Beliau (Elda Wirna) berharap, pelatihan E – Learning Madrasah ini dapat kiranya berorientasi pada hasil yang lebih baik. Dan bukan hanya sekedar ceremomial belaka, namun dapat diwujudkan dalam kegiatan pembelajaran, baik luring maupun daring.

Di tengah pandemi, Elda Wirna menginginkan agar kita selaku pengajar ( guru ) dapat kiranya mensiasati situasi yang ada. Salah satunya adalah dengan tetap jaga protokol kesehatan, serta dapat mengamati perkembangan yang ada, tutupnya.

Kita ketahui bersama bahwa e-Learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan sistem elektronik atau komputer sehingga mampu mendukung proses pembelajaran.

Pembelajaran  menggunakan e-Learning ini bisa dilakukan di mana saja, boleh di sekolah atau di rumah bahkan kita sedang di luar pun juga bisa, asalkan ada terhubung dengan jaringan internet.

Akses e-Learning bertujuan untuk mengakses aplikasi e-Learning dengan cara masuk ke browser. Untuk perangkat komputer maupun handphone bisa menggunakan Mozila Firefox, Google Chrome, browser yang ada seperti Uc,Google dan lain lain. (Bakri).

LEAVE A REPLY