Home BERITA TERBARU Tingkatkan Pemahaman Masyarakat Tentang Ekonomi dan Lembaga Keuangan Syariah

Tingkatkan Pemahaman Masyarakat Tentang Ekonomi dan Lembaga Keuangan Syariah

63
0
SHARE

Padang, TS – Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Seminar Nasional dengan tema “Penguatan Ekonomi Syariah dan Lembaga Keuangan Syariah di Sumatera Barat”.

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah yang juga Ketua Umum MES Sumbar, di Gedung Serba Guna Bagindo Aziz Chan, Balaikota, Aie Pacah, Senin (15/2/2021).

Dalam sambutan dan arahannya, Wali Kota Mahyeldi mengatakan, seminar nasional ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang ekonomi syariah dan lembaga keuangan syariah, khususnya bagi masyarakat Kota Padang dan Sumatera Barat umumnya.

“Maka oleh sebab itu pada seminar kali ini kita sengaja menghadirkan dua orang narasumber yang berkompeten di bidang tersebut yakni, pak Erie Sudewo pendiri dompet Dhuafa dan ACT, ibu Mursida Rambe pendiri Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Beringharjo, Yogyakarta. Semoga seminar kali ini dapat memberikan tambahan ilmu bagi kita semua,” ungkap Mahyeldi.

Orang nomor satu di Kota Padang itu menambahkan, Pemerintah Kota Padang terus berupaya memperkuat perkembangan ekonomi syariah di kota ini, diantara usaha yang telah dilakukan yakni, telah dirikan Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) di 104 kelurahan se-Kota Padang dan mendirikan Bank Prekreditan Rakyat (BPR) Syariah yang sekarang dalam masa persiapan.

“Kemudian saat ini adanya konversi Bank Nagari menjadi Bank Umum Syariah yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Semoga dengan upaya-upaya yang kita lakukan akan terwujud kota dengan konsep ekonomi syariah di Sumatera Barat” pungkas Wako Mahyeldi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Seminar Nasional MES Sumbar Endrizal mengatakan, kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama antara Pemerintah Kota Padang, Pemerintah Kota Payakumbuh dan Bank Nagari.

“Seminar ini diadakan didua tempat yakni, hari ini di Kota Padang yang dilaksanakan secara virtual dan langsung dan besok di Kota Payakumbuh. Peserta dalam seminar ini yakni Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, DPRD, KSPPS, Ormas, masyarakat umum dan mahasiswa,” sebut Endrizal yang juga Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdako Padang itu.

Adapun narasumber dalam Seminar Nasional ini yakni; dari Bank Nagari (Literasi dan Edukasi Ekonomi Syariah), Founding Father Dompet Dhuafa, Erie Sudewo (Keuangan Sosial dan Mikro Syariah untuk Pembangunan yang Berkelanjutan), Pendiri Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Beringharjo, Yogyakarta, Mursida Rambe (Pemberdayaan Dan ZISWAF dalam Mengembangkan UMKM ditengah Pandemi Covid-19), dan Sekretaris MUI Kota Padang Mulyadi Muslim (Lembaga Keuangan Syariah ditengah Pandemi Covid-19).

Dalam kesempatan tersebut juga diadakan perjanjian kerja sama antara Pemerintah Kota Padang dengan Bank Nagari tentang Pengelolaan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS), sekaligus penyerahan Dana Kurs Syariah kepada KSPPS Korong Gadang.

Wali Kota Mahyeldi dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Bank Nagari atas kerja sama tersebut. Semoga dengan kerja sama ini dapat meningkatkan kapasitas permodalan bagi KSPPS Kota Padang, baik sebagai chaneling maupun ekcecuting pelaksanaan pembiayaan Bank Nagari. (Mul).

LEAVE A REPLY