Home HEADLINE Tips Aman agar Tidak Cedera Saat Berolahraga

Tips Aman agar Tidak Cedera Saat Berolahraga

32
0
SHARE

Menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang penting saat ini supaya tubuh bisa sehat dan lebih bugar. Ketika tubuh menjadi sehat dan bugar, tidak hanya otot tubuh yang bekerja lebih baik tetapi juga sistem imun. Olahraga harus menjadi aktivitas rutin yang perlu perhatian tetapi ada banyak cedera yang mengintai. Bagaimana cara agar tidak cedera saat olahraga?

Mengenal Cedera
Cedera olahraga adalah keberadaan sebuah kelainan di bagian tubuh sehingga menimbulkan nyeri, bengkak, atau kemerahan. Hal ini mengindikasikan adanya suatu kelainan yang terjadi pada otot, ligament, tulang, atau persendian diakibatkan adanya aktivitas berlebihan atau kecelakaan.

Cedera Paling Umum Ketika Olahraga
Cedera bisa terjadi pada setiap orang tanpa memperhatikan bagaimana pengalaman atau bahkan kebugaran fisik. Mengetahui terlebih dahulu macam-macam cedera olahraga bisa membuat lebih berhati-hati dan mempersiapkan diri untuk mencegahnya. Berikut ini beberapa jenis cedera yang kerap dialami ketika sedang berolahraga:

– Otot tertarik
– Cedera lutut
– Cedera bahu
– Patah tulang
– Tendinitis
– Pergelangan yang terkilir
– Robek otot

Penyebab Terjadinya Cedera
Setiap orang memang memiliki risiko terkena cedera ketika berolahraga tetapi ada beberapa orang yang lebih rentan mengalaminya. Salah satu hal yang paling sering terjadi adalah seseorang yang terlalu sering berolahraga dengan memforsir kemampuan dan batas toleransi tubuh.

Beberapa penyebab lain yang sering dialami adalah kesalahan postur ketika mempraktekkan sesuatu hingga salah gerakan. Memilih tipe olahraga yang salah karena tidak sesuai dengan kondisi fisik saat itu juga bisa menjadi penyebab terjadinya cedera.
Beberapa orang kerap tidak menghiraukan kegiatan pemanasan dan pendinginan ketika berolahraga, ini juga dapat meningkatkan resiko cedera. Istirahat yang kurang, peralatan yang tidak sesuai, hingga memaksa olahraga juga bisa menjadi penyebab terjadinya cedera pada seseorang.

Tips Jitu Mencegah Cedera Saat Berolahraga
Cedera adalah satu hal yang selalu ingin dihindari ketika melakukan olahraga baik itu di tengah kompetisi atau sekedar menjaga kebugaran. Sebenarnya, mustahil untuk menghilangkan seluruh resiko terjadinya cedera tetapi ada beberapa upaya pencegahan yang bisa dilakukan. Berikut beberapa panduan lengkap mencegah terjadinya cedera saat olahraga:

1. Persiapkan Kondisi Fisik
Hal pertama yang harus selalu diingat adalah seseorang yang hanya melakukan olahraga di akhir pekan lebih rentan terkena cedera. Ketika berniat untuk memulai olahraga apapun, sebenarnya harus selalu latihan secara rutin. Banyak cedera yang bisa diatasi dengan mengikuti jadwal latihan yang memang dibuat khusus untuk jenis olahraga yang dijalani.

2. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan
Pemanasan adalah hal penting yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya cedera sebelum olahraga. Selalu mulai aktivitas dengan pemanasan karena hal ini bisa secara bertahap meningkatkan detak jantung dan mempersiapkan otot untuk olahraga. Setelah selesai, lakukan pendinginan terlebih dahulu agar otot berada dalam kondisi normal kembali.

3. Meregangkan Otot
Selanjutnya sama dengan pemanasan yaitu dengan meregangkan otot terlebih dahulu baik sebelum atau setelah berolahraga. Ini akan membuat otot-otot berkontraksi sehingga nantinya resiko otot tertarik atau kram akan berkurang. Peregangan bisa dilakukan dengan berbagai gerakan dasar yang dilakukan setiap gerakan selama 20 detik.

4. Jangan Memaksakan Diri
Meskipun tampak sederhana, olahraga adalah kegiatan yang sebenarnya tidak boleh dilakukan secara serampangan. Olahraga perlu dilakukan secara bertahap mulai dari kegiatan ringan hingga bertingkat sampai berat. Tambah durasi atau beban menyesuaikan dengan kemampuan, memaksa diri terlalu berlebihan bisa meningkatkan risiko cedera.

5. Menggunakan Perlengkapan Olahraga yang Tepat
Saat ini sudah banyak perlengkapan olahraga yang dibuat dengan baik sehingga meminimalkan risiko terjadinya cedera. Misalnya saja jika ingin berlari, temukan terlebih dahulu sepatu yang pas dan berkualitas seperti sepatu Nike. Setiap jenis olahraga pasti memiliki perlengkapannya sendiri, tinggal menyesuaikan saja apa yang diperlukan.

6. Pahami Peraturan Olahraga
Setiap jenis olahraga juga memiliki peraturannya sendiri yang dibuat untuk membuat semua lebih aman. Hal ini sangatlah penting untuk diketahui setiap orang yang melakukan olahraga tersebut apalagi untuk olahraga kontak fisik. Selalu patuhi semua aturan yang ada dan juga hargai juri atau wasit, itu semua demi kebaikan atlet.

7. Istirahat yang Cukup
Banyak orang yang ketika berambisi mendapatkan satu dua tujuan, maka kemudian melakukan olahraga berlebihan. Penting bagi setiap orang untuk melakukan istirahat di sela-sela kegiatan, jangan terlalu memaksakan diri. Ada miskonsepsi besar dalam siapa yang berlatih lebih banyak maka akan memiliki permainan lebih baik.

8. Hindari Berolahraga saat Lelah atau Sakit
Adanya rasa sakit pada beberapa bagian tubuh menunjukkan sesuatu yang salah, bisa saja ini adalah cedera yang diabaikan. Olahraga ketika dalam kondisi ini atau tengah sakit adalah hal yang tidak diperbolehkan. Diperlukan adanya perhatian lebih terhadap kondisi tubuh termasuk dalam beberapa peringatan seperti rasa sakit ini.

9. Penuhi Kebutuhan Cairan
Olahraga adalah aktivitas fisik yang banyak mengeluarkan keringat dan ini penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Minum cukup air sebelum olahraga adalah hal yang tepat untuk mencegah dehidrasi berlebihan nantinya. Selain itu, perhatikan juga asupan makanan agar tubuh bisa mendapat energi selama kegiatan fisik ini.

10. Dapatkan Pelatih
Hal terakhir yang bisa juga dilakukan adalah menemukan pelatih yang pas sebelum olahraga untuk mengarahkan. Misalnya saja pada aktivitas di tempat fitness, jangan langsung menggunakan barang secara asal, dapatkan arahan pelatih terlebih dahulu.

Mendapat Perlengkapan Olahraga
Produk sederhana seperti sepatu nike olahraga, pakaian olahraga, hingga berbagai kebutuhan spesifik seperti bola harus sesuai dengan standar. Anda kini bisa dengan mudah mendapatkan berbagai produk olahraga berkualitas lewat Blibli tanpa ribet.

Blibli menyediakan seluruh peralatan atau perlengkapan apapun yang Anda perlukan untuk berolahraga. Kini, olahraga bisa menjadi lebih menyenangkan dengan produk original yang Blibli sediakan untuk Anda.

Tidak perlu lagi berkeliling hanya untuk mendapat perlengkapan olahraga berkualitas, Anda bisa melakukannya lewat aplikasi Blibli sekarang. Siapkan semua perlengkapan dan juga fisik dengan benar supaya tidak cedera saat olahraga nantinya.

LEAVE A REPLY