Home BERITA TERBARU Hari Jadi Kabupaten Dharmasraya, Dari Artis Ibukota, Expo, Bazar dan Aneka Lomba

Hari Jadi Kabupaten Dharmasraya, Dari Artis Ibukota, Expo, Bazar dan Aneka Lomba

20
0
SHARE

Dharmasraya, TS – Gebyar Hari Ulang Tahun Kabupaten Dharmasraya sebentar lagi akan kembali. Jika pada tahun sebelumnya senyap akibat “dihondoh” Pandemi Covid-19, maka tahun ini direncanakan akan dirayakan secara meriah. Demikian ditegaskan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Yefrinaldi, dalam rapat pematangan persiapan Hari Ulang Tahun Kabupaten Dharmasraya ke 18 Tahun 2022, di Aula Kantor Bupati Dharmasraya, Senin (22/11).

Dengan memperhatikan tren Covid-19 yang kian menurun, Pemkab optimis dapat menggelar kegiatan secara meriah walaupun tetap menerapkan Protokol Covid-19 secara ketat. Pun demikian, kata Yefrinaldi, penglibatan masyarakat luas dalam kegiatan ini juga diintegrasikan dengan pelayanan vaksin.

“Nanti di titik kumpul masyarakat akan disediakan pelayanan vaksin untuk mempercepat target herd immunity,” kata Yefrinaldi.

Untuk memeriahkan HUTKAB ini panitia berencana akan menggelar sejumlah iven yang dipusatkan di Centra Logam Gunung Medan, selama empat hari mulai dari tanggal 3 Januari sampai dengan puncak acara pada tanggal 7 Januari 2022.

Adapun rangkaian kegiatan itu mulai dari Bazar Sembako murah yang digawangi Dinas Pertanian di bawah komando kepala dinas, Darisman. Acara ini rencananya akan dilaksanakan di pasar ternak. Menurut Martin Efendi, Sekretaris Dinas, pihaknya akan menyiapkan ribuan paket sembako yang telah disubsidi untuk didistribusikan kepada masyarakat.

Sedangkan panggung kesenian, menurut Sutan Taufik, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan digelar secara maraton di lokasi Dharmasraya Expo. “Jadi setiap malam para pengunjung akan menikmati berbagai macam hiburan, baik tradisional maupun kontemporer,” kata Sutan Taufik.

Selain itu, pihaknya juga sedang menjajaki untuk mendatangkan artis ibukota guna dapat menghibur warga Dharmasraya yang sudah lama tidak mendapat relaksasi akibat disibukkan Covid-19.

“Kita sedang menjajaki apakah akan mendatangkan artis ibukota Jakarta atau dari Padang, pasti kami akan menyiapkan hiburan untuk masyarakat kita,” tegas Taufik.

Sedangkan Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya juga tidak mau ketinggalan dalam momen ini. Berbagai macam lomba telah disiapkan, diantaranya lomba menulis dan vlog tentang perjalanan Dharmasraya. Menurut perwakilan Dinas Pendidikan, Hendrik, kegiatan lomba menulis dan vlog ini bertujuan mengulang kembali memori perjuangan pemekaran Dharmasraya, serta capaian-capaian yang diperoleh Kabupaten Dharmasraya hingga di era kepemimpinan Sutan Riska Tuanku Kerajaan-DP Datuak Labuan.

Sementara itu, Dinas Kumperdag tidak mau pula ketinggalan. Melalui Sekretaris Dinas, Darmawan, menyampaikan, pihaknya akan menggelar kegiatan bertajuk Dharmasraya Expo. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan produk-produk UMKM kepada masyarakat luar, baik dalam maupun luar daerah.

Asisten Pemerintahan, Yusuf, dalam kesempatan rapat tersebut memerintah seluruh Camat dan Walinagari agar dapat membantu memobilisasi warga untuk dapat terlibat secara aktif dalam rangka memeriahkan HUTKAB ke 18 ini dengan tetap menganjurkan penerapan protokol Covid-19 secara ketat.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dharmasraya berencana akan ambil bagian dengan menyiarkan secara streaming sejumlah event dari sejumlah tempat.

LEAVE A REPLY