Home BERITA TERBARU Di Wijobang, Pemuda Tanam Cabe di Polibag

Di Wijobang, Pemuda Tanam Cabe di Polibag

241
0
SHARE

Padang, TS – Ada yang unik dan menarik di Wisma Indah Lima Jondul Pengembangan (Wijobang), Tabing, Kecamatan Koto Tangah. Pemuda di daerah tersebut memanfaatkan potensi yang ada.

Saat Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo datang ke daerah tersebut, Senin (12/12), Mahyeldi melihat kreatifitas warga pemuda setempat. Mereka menanam cabe di dalam polibag. Hal ini sejalan dengan ajakan dan imbauan Walikota Padang kepada warga untuk menanam cabe di polibag atau disebut dengan “Gerakan Menanam Cabe Dalam Polibag”.

“Ikatan Pemuda Karang Taruna di sini mencoba memanfaatkan lahan yang tidur sehingga menjadi produktif,” kata Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, apa yang dilakukan pemuda setempat pantas untuk ditiru oleh warga di daerah lain. Apalagi saat ini harga cabe terbilang ‘pedas’ di pasaran, sehingga membuat warga ‘kalimpasiangan’ dengan melonjaknya harga cabe dimaksud.

“Kita harapkan seluruh daerah di Padang ini mendorong generasi muda yang ada dan difasilitasi dengan baik. Sehingga nantinya generasi muda dapat memaksimalkan potensi yang ada, seperti di Wijobang ini, kreatifitas ini yang kita harapkan dan akan bermanfaat,” terang Walikota Padang.

Pemuda setempat, Fauzen mengatakan bahwa mendukung program Pemerintah Kota Padang, pihaknya bersedia berpartisipasi aktif dengan menerima pemesanan cabe dalam polibag. Nantinya, dengan harga relatif terjangkau, warga akan bisa mendapatkan cabe bersama polibag.

“Dengan harga Rp 10 ribu saja, kita menyediakan bibit cabe merah Kopay dengan ukuran tinggi sekitar 15 sentimeter berumur sekitar satu bulan, serta polibag besar dengan kombinasi tanah, kompos dan tanah subur,” terangnya.

Selain menanam cabe di polibag, warga pemuda setempat juga melepas bibit ikan ke sungai. Bibit ikan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang itu dilepas di sungai di daerah tersebut. Dengan dilepasnya ikan, sungai menjadi bersih dan terjaga.(Charlie / Mursalim)