Home BERITA TERBARU Jelang Pelantikan OPD Baru, Pejabat Pemko Padang Tes Urine

Jelang Pelantikan OPD Baru, Pejabat Pemko Padang Tes Urine

248
0
SHARE

Padang, TS – Berkaca dari pengalaman pejabat yang terjerat kasus narkoba, Pemerintah Kota Padang bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Barat melakukan pemeriksaan urine terhadap sejumlah pejabat. Pejabat eselon II dan III di lingkup Pemko Padang tes urine, Selasa (20/12) di Balaikota Padang.

Pemeriksaan urine pejabat ini terbilang mendadak. Pemeriksaan berlangsung saat digelarnya Rapat Staf di Balaikota. Pejabat pertama yang melakukan tes urine yakni Walikota Padang H. Mahyeldi Ansyarullah Dt Marajo.

Didampingi Kabid Pencegahan BNN Sumbar, Raymond, Walikota Padang dituntun menuju kamar kecil. Tak lama, Mahyeldi keluar dari toilet Balaikota Padang sambil membawa botol kecil berisi urinenya.

“Kita bekerjasama dengan BNN Provinsi Sumatera Barat untuk memeriksa urine para pejabat. Tidak ada pejabat yang tidak ikut,” kata Mahyeldi.

Usai itu, giliran Wakil Walikota Padang Emzalmi yang melakukan tes urine. Emzalmi mengatakan, tes urine tidak saja dilakukan kepada masyarakat, tetapi juga kepada Aparatur Sipil Negara (ASN). Apalagi ASN menjadi contoh bagi masyarakat dan tidak boleh terlibat narkoba.

“Hari ini semua pejabat ikut proses tes urine, perlu kita cek juga terhadap kemungkinan penyalahgunaan narkoba. Tidak saja pencegahan agar bebas narkoba, tetapi juga bukti terhadap pelaksanaan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin ASN, sejauh mana pejabat menjaga kredibilitas integritas pribadinya dalam bertugas,” sebut Emzalmi yang juga Ketua BNK Kota Padang itu.

Emzalmi menerangkan, jika ada pejabat yang terbukti positif menggunakan narkoba akan dilakukan asesmen dan diteliti lebih lanjut. Apabila secara positif terlibat narkoba, akan ditindak.

“Itu sudah diatur dalam PP 53 tahun 2010, apalagi saat ini kita akan melakukan pengisian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru, dan tes urin kali ini menjadi salah satu indikator penilaian untuk menempatkan pejabat,” paparnya.(Charlie / Yurizal / Mursalim)