Home BERITA TERBARU Kemenangan Aleppo Disebut Garis Depan Revolusi Islam (Syi’ah)

Kemenangan Aleppo Disebut Garis Depan Revolusi Islam (Syi’ah)

274
0
SHARE

targetsumbar.com – Komandan Garda Revolusi Iran (IRGC), Mayor Jenderal Mohammad Ali Jafari, memuji ‘kemenangan’ di Aleppo, Suriah. Ia mengklaim bahwa kemenangan di kota itu merupakan garis depan untuk revolusi Islam (Syi’ah) di Timur Tengah.

Menurut Jafari, pemerintah Iran melihat evakuasi warga dari Aleppo dan penghancuran kota tersebut sebagai kemenangan. Jafari juga mengatakan bahwa Teheran sekarang melihat bahwa keamanan telah meluas di luar perbatasannya.

“Keamanan kami telah melampaui batas geografis kita,” katanya sembari menambahkan bahwa mengekspor revolusi Islam adalah salah satu prestasi negaranya yang dipimpin oleh Pemimpin Agung Ali Khamenei. Demikian seperti dikutip dari Al Arabiya, Selasa (27/12/2016).

Namun pernyataan Jafari ini sangat kontradiktif dengan pernyataan pemerintah Iran. Teheran selama ini hanya menyatakan mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam memberantas kelompok pemberontak yang mereka sebut sebagai teroris yang ingin melengserkan kekuasaan Bashar Assad di Suriah.

Walau demikian, pernyataan Jafari ini telah menunjukkan misi Iran untuk melakukan ekspansi Syiah di kawasan Timur Tengah, ini dapat dilihat dari dukungan militer Iran terhadap Syi’ah Houthi di Yaman dan terhadap pasukan Bashar Assad di Suriah.

Bahkan para pemimpin Garda Revolusi Iran beberapa waktu lalu telah meluncurkan pernyataan provokatif terhadap negara-negara Teluk dengan memberikan ancaman untuk ikut campur tangan di Bahrain dan Yaman.