Home BERITA TERBARU Krisis Moral Generasi Bangsa Makin Menghawatirkan 

Krisis Moral Generasi Bangsa Makin Menghawatirkan 

327
0
SHARE

By: Zulbahri

Nilai moral merupakan nilai utama yang ada dalam diri manusia dengan nilai-nilai yang ditemukan dalam sebuah bangsa. Nilai moral menjadikan manusia berharga, baik, dan bermutu. Nilai moral untuk masyarakat tertentu meliputi nilai yang memajukan manusia.

Pancasila merupakan ideologi dasar bangsa kita, rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Faktor utama penyebab terjadinya kerusakan moral, adalah kurangnya pegangan dan pemahaman terhadap agama. Sekuat apapun iman seseorang, tentunya sering mengalami naik turun. Sayangnya, sistem pendidikan Indonesia terkadang kurang memperhatikan pendidikan moral sehingga menjadi penyebab terjadinya krisis moral di Indonesia.

Pengaruh lingkungan, merupakan faktor yang paling mempengaruhi perilaku dan watak generasi saat ini. Jika mereka hidup dan berkembang di lingkungan yang buruk, moralnya pun akan menjadi buruk. Sebaliknya, jika mereka berada di lingkungan yang baik, maka mereka pun akan menjadi baik pula.

Selain itu, pengaruh globalisasi teknologi dapat memberikan dampak positif, namun tidak bisa di pungkiri bahwa hal ini juga bisa berdampak negatif. Perkembangan internet dan ponsel yang berteknologi tinggi bisa berbahaya dan bisa mempengaruhi penggunanya. Misalnya, video porno yang semakin mudah di akses di berbagai ponsel dengan akses internet.

Terjadinya perpecahan ataupun benturan di antara komponen masyarakat menunjukkan bahwa bangsa ini sedang mengalami krisis moral. Demikian juga dengan jumlah kasus tawuran di antara mahasiswa dan pelajar yang cenderung semakin meningkat.

Jika kita memotret kehidupan bangsa saat ini, terlihat persoalan moral merupakan hal yang tidak kalah penting dibandingkan dengan persoalan lainnya. Bila hal ini dibiarkan, tentunya akan mengancam masa depan bangsa. Sayangnya, masalah moral generasi kerap terabaikan. Sehingga krisis moral dikalang remaja makin menghawatirkan

Sudah saatnya menghindari pergaulan menyimpang, dan kita mesti pandai memilah dan memilih teman. Peran orang tua sangat penting dalam pembentukan karakter anak, terutama dalam mengenalkan pendidikan agama sejak dini.

Kurangnya perhatian orang tua bakal menyebabkan dampak buruk pada sikap atau akhlak sang anak. Memperluas wawasan dan pengetahuan agama akan sangat berguna untuk menyaring pengaruh buruk dari lingkungan. Meningkatkan iman dan selalu bertaqwa dengan bersyukur, bersabar, dan beramal sholeh, dengan kita mendekatkan diri kepada Allah, rajin beribadah. Tentunya akan membuat generasi terhindar dari perbuatan yang buruk.

Salah satu hal yang paling penting dalam bangsa ini adalah, generasi bangsa mesti memperhatikan dan menghindari pengaruh negative dari luar.

Apabila kita menelusuri lebih mendalam, maka kita dapat menemukan secara jelas persamaan, perbedaan etika dan akhlak. Antara etika dan moral memang memiliki kesamaan

Efek dari modernisasi dan globalisasi lebih banyak mengarah ke negatif. Kita dapat kehilangan budaya negara dan terbawa oleh budaya barat, jika masyarakat Indonesia sendiri tidak mempelajari pengetahuan tentang kebudayaan Indonesia. Untuk itu kita harus menjaga seutuhnya kebudayaan kita tersebut.