Home BERITA TERBARU Selama 2016, Padang Koleksi 35 Penghargaan dan Prestasi

Selama 2016, Padang Koleksi 35 Penghargaan dan Prestasi

265
0
SHARE

Padang, targetsumbar.com – Tahun 2016 merupakan tahun penuh berkah bagi Kota Padang. Sejumlah prestasi dan penghargaan membanggakan berhasil dikoleksi. Tercatat, sebanyak 35 penghargaan dan prestasi berhasil dikumpulkan sepanjang tahun 2016.

Keberhasilan ini tak terlepas dari kerjakeras Pemerintah Kota Padang dalam berbagai sektor. Penghargaan dan prestasi ini juga tak luput dari kerjasama masyarakat Kota Padang selama ini.

Tahun 2016 bagi pasangan Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo bersama Wakil Walikota Emzalmi memang merupakan tahun kedua bagi keduanya memimpin Kota Padang. Namun begitu, kerjasama pasangan ini telah mulai menampakkan hasil memuaskan. Lihat saja ke arah pantai, semua sudah tertata. Tak ada yang menyangka bahwa Pantai Padang bisa seperti saat ini.

Begitu halnya dengan Pasar Raya. Semua tertata. Pasar tak lagi semrawut, terlebih setelah Pemko Padang memberi kepastian bahwa tak ada pedagang yang dimatikan usahanya.

Jalur By Pass pun juga bertambah lebar. Seiring dengan dibebaskannya jalur 40 By Pass. Pembebasan jalur 40 ini pun cukup humanis tanpa adanya kekerasan.

Menurut Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo, penghargaan yang diraih sepanjang 2016 didekasIkan kepada seluruh warga Kota Padang. Sebab, warga Padang sangat cinta terhadap pembangunan, suka tolong-menolong dan bantu-membantu (dermawan), peduli sesama, dan mau bekerjasama.

“Semoga di masa datang seluruh potensi kebaikan itu dapat dirawat dan dipelihara yang pada akhirnya menjadikan Kota Padang lebih sukses dan berkah lagi,” ucapnya.

Jika dilihat daftar perolehan penghargaan pada awal tahun 2016, Kota Padang lebih dulu menerima penghargaan ‘ASITA Award’ dari Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) Sumatera Barat. Penghargaan diberikan pada 4 April 2016 karena keberhasilan Kota Padang menata Pantai Padang sehingga menjadi ‘tacelak’.

Di bulan yang sama, 9-16 April, Kota Padang sukses menjadi tuanrumah penyelenggara event internasional Multilaeral Naval Exercise Komodo (MNEK). Kegiatan ini merupakan latihan bersama TNI Angkatan Laut dengan tentara 35 neara di dunia.

Pada 12 April, Walikota Padang meraih penghargaan “Government Award 2016” dari majalah terbitan nasional, ‘Sindo Weekly’. Penghargaan ini diberikan karena Padang berhasil menata kota dalam rentang waktu cukup cepat.

Selain itu, Padang juga meraih penghargaan ‘Penegakan Perda dan Penertiban Tanpa Kekerasan’ dari Gubernur Sumatera Barat. Penghargaan diberikan pada Upacara HUT Satpol PP ke-66 dan Satlinmas ke-54 tingkat Provinsi Sumatera Barat di Lapangan Pacuan Kuda Payakumbuh, 26 April 2016.

Beranjak ke bulan Mei, Walikota Padang meraih penghargaan cukup bergengsi. Penghargaan ‘Padang Marketing Champion 2016’ di bidang Government dari Majalah MarkPlus, Inc berhasil diboyong. Penghargaan ini diberikan 19 Mei 2016 dalam acara ‘Indonesia Marketeers Festival 2016’ di Grand Inna Muara Hotel Padang. Di acara yang sama, Walikota Padang juga meraih penghargaan “Best Of The Best Marketeers Of The Year Padang 2016”.

Majalah PR Indonesia juga memberi penghargaan kepada Walikota Padang. Penghargaan The 1st Sumatera PR Indonesia Media Relations Award & Summit (SUMPRIMAS) diserahkan di Batam, 26 Mei 2016. Penghargaan yang diterima ini dengan kategori Kota di Sumatera diberitakan di media nasional. Di hari yag sama, Padang juga meraih ‘BKN Award 2016’ dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan kategori implementasi CAT dalam manajemen ASN.

Sebulan kemudian di tanggal yang sama, Walikota Padang menjadi nominator peraih ‘Nirwasita Tantra Award 2016’. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI menjadikan Padang sebagai nominator karena mampu mengelola lingkungan hidup dengan baik, dan mengeluarkan kebijakan berwawasan lingkungan serta mendukung program Kota Hijau yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat.

Presiden RI juga menganugerahi Kota Padang sebagai kota dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Terbaik di Sumatera. Penghargaan ini diserahkan 4 Juli 2016.

KPN Pemko Padang juga meraih penghargaan. Kali ini KPN Pemko Padang meraih ‘Koperasi Berprestasi Konsumen 2016’ pada peringatan Hari Koperasi di Provinsi Jambi, 20 Juli 2016.

Padang juga meraih penghargaan ‘Adiwiyata Mandiri 2016’ pada 22 Juli 2016. Kali ini Padang memborong enam penghargaan sekaligus. Diantaranya untuk SD Semen Padang, SMK Semen Padang, MTsN Parak Lawas, SDN 03 Alai, MTsN Koto Tangah, dan SMPN 11 Padang.

Komitmen Kota Padang terhadap penyelenggaraan program Kependudukan dan Keluarga Berencana serta pembangunan keluarga sejahtera mendapat pengakuan dari BKKBN Pusat. Padang meraih penghargaan ‘Manggala Karya Kencana’ yang diserahkan di NTT, 28 Juli 2016.

Padang juga sukses menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan internasional ‘Pacific Partnership’ pada 22-31 Agustus 2016. Kegiatan latihan bersama ini melibatkan tujuh negara.

Tiga penghargaan diraih Padang dalam ajang Indonesia’s Attractiveness Award (IAA) 2016. Penggagas kegiatan tersebut, majalah Tempo, menganugerahi Padang dengan penghargaan ‘Kota Terbaik Platinum untuk Koridor Sumatera Bagian Barat dan Tengah’, ‘Kota Potensial Investasi’, serta ‘Kota Potensial Pariwisata’.

Padang meraih penghargaan ‘Kawastara Pawitra’ dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Penghargaan diraih berkat komitmen Walikota Padang dalam mengimplementasikan Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 secara berkelanjutan. Penghargaan diserahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, 15 Oktober 2016.

Gubernur Sumbar juga menyerahkan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tingkat Sumbar 2016 kepada Kota Padang. Penghargaan diserahkan di Solok, 30 Oktober 2016.

Pada 3 November 2016, Padang meraih penghargaan ‘National Procurement Award 2016’. Penghargaan ini diperoleh berkat pemenuhan Standar Tertinggi LPSE Kota Padang.

Padang juga sukses sebagai juara umum Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) XIV Sumatera Barat. Padang meraih medali emas terbanyak pada penutupan Porprov di GOR H. Agus Salim, 29 November 2016.

Pada pekan pertama Desember, Padang meraih empat penghargaan berturut-turut. Penghargaan itu didahului dengan penghargaan Indonesia Road Safety Awards (IRSA) 2016 dari Adira Insurance. Penghargaan yang diterima 6 Desember itu terkait penerapan program-program keselamatan di jalan raya.

Sehari setelah itu, Padang meraih ‘Aungerah Dana Rakca 2016’ dari Presiden RI di Istana Negara. Kemudian Padang meraih penghargaan ‘Predikat Kepatuhan Tinggi Terhadap Standar Pelayanan Publik’ dari Ombudsman RI. Dan, sehari setelah itu lagi-lagi Padang meraih penghargaan ‘Kota Peduli Hak Asasi Manusia’ dari Kementerian Hukum dan HAM RI di Surabaya.

Padang meraih tiga penghargaan ‘Adiwiyata Nasional 2016’ dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Tiga penghargaan itu untuk SDN 08 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo, SMPN 31, serta SMAN 14. Penghargaan diserahkan 13 Desember 2016 di Jakarta.

Penghargaan ‘Kota Langit Biru Kategori Kota Besar’ diraih Padang pada 14 Desember 2016. Penghargaan diserahkan Kementerian Lingkungan Hdup dan Kehutanan RI di Jakarta.

Padang juga sukses sebagai penyelenggara peringatan Hari Bela Negara (HBN) ke-68 Tingkat Nasional. Peringatan ini dipusatkan di Lapangan Imam Bonjol, Padang, 14-19 Desember 2016.**